PT Argo Tama Karya

5 Jasa Percetakan yang Wajib Anda Ketahui

Sudah tidak bisa di elakan jika jasa percetakan menjadi salah satu jenis jasa yang paling banyak dicari oleh orang saat ini. Karena dunia percetakan telah menjadi hal yang sangat dibutuhkan, untuk dunia bisnis, dunia pendidikan, ataupun dunia industri. Karena sangat dibutuhkan nya jasa percetakan untuk membuat segala kebutuhan dokumen sebagai kebutuhan pekerjaan, dengan mesin printer bisa membuat berbagai jenis serta spesifikasi nya memungkinkan kamu untuk membuat macam macam produk cetak seperti flyer, brosur, sticker, undangan, member card, sampai cetak desain yang telah diaplikasikan ke berbagai media, seperti kaos hingga kemasan minuman dan makanan.

Jasa Percetakan

Macam-macam Jasa Percetakan yang Perlu Kamu Ketahui

Kamu mesti mengetahui macam macam jenis jasa percetakan agar tidak salah pilih dan bisa mengetahui kebutuhan yang kamu perlukan. Agar kamu tidak salah dalam memilih jenis jasa percetakan yang efisien, mudah di gunakan dan memberikan hasil cetak yang cocok dengan kemauan kamu, maka kamu harus mengetahui dahulu macam macam jenis jasa percetakan di pasaran dan tentu kamu harus memahami apa saja macam serta kegunaannya atau fungsi dari percetakan itu sendiri.  diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Digital printing

Yang pertama Jenis percetakan mudah sekaligus yang sangat banyak dikenal luas oleh masyarakat adalah digital printing. Bermacam macam orang menyediakan jasa digital printing bisa dengan mudah kamu temukan di sekitar lingkungan kamu. Dari Salah satu kelebihan percetakan digital ini (digital printing) yaitu tidak mesti dihitung jumlah minimal untuk bisa mencetak dari digital printing atau percetakan digital ini. Kamu bisa mencetak dokumen atau berkas dalam jumlah kecil, atau juga untuk mencetak file yang hanya satu lembar aja.

Percetakan yang mudah berjenis digital printing itu sendiri sekarang ini sudah menjadi solusi bagi kalian yang ingin mencetak spanduk, sticker, kartu nama, brosur, flyer, hingga mug serta bermacam macam aksesoris lain. Akan tetapi harga untuk percetakan dari digital printing termasuk cukup mahal. Nah, Oleh karena itu untuk kamu yang membutuhkan untuk cetak suatu hal dengan jumlah besar, kamu mesti memilih opsi  percetakan yang lain dan mencari yang lebih efisien dan tentu saja yang lebih murah.

digital printing

  1. Offset printing

Jenis yang kedua yang kami jelaskan dari jasa percetakan selanjutnya yaitu offset printing. Jenis percetakan ini memakai Mesin cetak yang dipakai sudah pasti mempunyai perbedaan jika dibandingkan dengan mesin digital printing. Apa bila mesin yang dipakai untuk digital printing bisa membuat kamu untuk mencetak pada bermacam macam pilihan media, karena mesin untuk offset printing akan lebih terfokus untuk dipakai dengan mencetak ke media yang biasanya berbahan baku kertas.

Dan kelebihan dari percetakan serta jenis offset printing yaitu harga nya yang lebih murah serta efisien untuk kamu yang menginginkan cetak dalam jumlah yang banyak atau besar, seperti jika  kamu ingin mencetak dalam jumlah 5000 lembar atau bahkan lebih. Di printing offset ini bidang pengerjaan nya bisa dikerjakan dengan baik serta dengan memakai offset printing yang percetakan nya dengan media kertas seperti brosur, amplop, buku, paperbag, majalah, sampai kardus kue.

Jenis Jasa Percetakan

  1. Sablon

Macam macam jenis jasa percetakan yang lainnya adalah sablon. Di zaman dahulu, percetakan sablon ini dilakukan dengan cara manual yaitu menaruh tinta ke atas screen yang ingin disablon. Akan tetapi sudah beberapa tahun terakhir, sudah mulai banyak yang menyediakan jasa sablon. Dan mengembangkan nya dengan memakai teknik sablon menggunakan mesin. Karena dengan teknik menggunakan mesin, selain pembuatannya akan lebih efisien dan cepat, hasil yang didapatkannya pun akan lebih baik.

Cetak sablon biasanya dipakai pada media yang berbahan kain, kertas hingga plastik. Teknik dengan menggunakan pencetakan sablon yang dipakai kepada masing-masing media nya yang ingin di sablon itu juga tidak sama tekniknya dari mana macam macam media nya.

sablon

  1. Flexo

Macam macam percetakan mudah yang satu ini adalah flexo. Walaupun banyak masyarakat luas belum tau bedanya mesin cetak flexo dengan mesin cetak digital offset dan juga digital printing. Mesin dari percetakan flexo mempunyai perbedaan yang amat besar. Yang mana bahan material atau media yang dipakai yaitu bahan dengan bentuk roll atau gulungan. Sementara digital printing dan printing offset banyak memakai media dengan bentuk lembaran terpisah. Kelebihan dari percetakan flexo yaitu tinta yang dipakai mempunyai harga yang terjangkau. Serta lebih murah jika dibandingkan pada harga tinta yang dipakai untuk cetak digital printing atau digital offset.

Hal ini sudah pasti berbanding terbalik pada harga jasa yang menggunakan cetak flexo yang juga menjadi lebih terjangkau. Kelebihan yang lainnya yaitu dikarenakan cetaknya memakai media dengan bentuk roll. Tentu saja bahan baku yang dipakai juga relatif lebih murah. Contoh dari pemakaian mesin cetak flexo yaitu mencetak koran, sticker, dan berbagai macam kardus kemasan, dari single wall sampai double wall.

  1. Rotogravure

Walaupun jenis percetakan yang satu ini belum banyak diketahui orang banyak, kamu pun perlu tahu mengenai rotogravure. Jenis yang satu ini berbeda dengan jenis percetakan yang sebelumnya, mesin rotogravure dipakai untuk mencetak je media berbahan plastik. Contohnya cetak rotogravure yang umum adalah pada bungkus makanan instan seperti mie instan, polybag dan printing dan jenis plastik lainnya. Rotogravure juga adalah percetakan yang menggunakan bahan dasar plastik. Teknik pembuatannya pun dibagi jadi 2 yaitu dengan teknik mencetak plastik dengan menaruh tinta di atas media plastik tersebut.

Dan yang kedua adalah teknik menggunakan tinta yang ditaruh dibagian tengahnya, lalu dilapisi lagi menggunakan plastik di bagian luarnya. Maksud dari dilapisi bahan plastik yaitu mempunyai kedua jenis media plastik yang ingin dipakai dan minimal ada 2 bahan plastik. Plastik yang disatukan menjadi satu tersebut menjadi satu produk. Sebagai contohnya adalah kemasan gulaku serta mie yang memakai 2 bahan plastik untuk melapisi serta menaruh tintanya agar berada ditengah. Walaupun lebih condong ke percetakan plastik, namun banyak dari perusahaan menggunakan jasa percetakan rotogravure ini untuk menjadi tender nya.

Rotogravure

Itulah tadi penjelasan dari macam-macam jasa percetakan, di era modern sekarang ini sudah jauh melesat berkembang dari dunia percetakan. Jadi sebelum kamu memakai jasa percetakan, tentu tidak ada salahnya untuk mempelajari serta mengenalnya terlebih dahulu. Kamu bisa lihat dari berbagai macam percetakan di atas. Sehingga kamu tidak salah pilih ketika ingin mencetak dokumen atau yang lain. Dan sudah memiliki referensi untuk membandingkan serta memilih mana yang cocok dari kebutuhan yang kamu inginkan nantinya.