PT Argo Tama Karya

Apa Yang Dimaksud Cetak Offset atau Offset Printing

Cetak Offset atau Offset Printing saat ini sangat diminati banyak orang karena hasilnya yang memuaskan. Tapi banyak orang kebingungan apa yang dimaksud dengan Offset Printing. Kemudian apa perbedaan Offset Printing dengan Digital Printing. Berikut kami berikan penjelasan tentang Offset Printing!!

Pengertian Offset Printing

Offset Printing adalah teknik cetak dengan menggunakan gambar kemudian ditransfer atau di offset ke plat offset yang berupa lembaran karet. Proses printingnya juga dilakukan dengan mengombinasikan proses litografi yang didasarkan dengan sifat air dan minyak yang tidak akan bisa tercampur. Offset Printing memiliki konsistensi yang baik untuk mencetak dalam skala besar karena teknik ini tergolong ekonomis dan berkualitas tinggi.

Teknik Offset Printing nantinya dicetak dengan mengambil tinta dari penggulung tinta, dengan proses litografi tadi bagian yang tidak tercetak akan menarik air jadi bebas dari tinta. Materi yang ingin dicetak dipindahkan terlebih dahulu dari sebuah plat kemudian ke lapisan karet setelah itu ke atas permukaan bahan. Prosesnya juga menggunakan tinta basah sehingga memerlukan proses pengeringan setelah proses percetakah dilakukan. 

Kelebihan Offset Printing

Seperti yang dijelaskan diatas sepertinya kita perlu tahu lebih jauh kelebihan dan kekurangan Offset Printing. Berikut kami paparkan kelebihan Offset Printing.

1. Dapat Mencetak Dalam Jumlah Banyak 

Kelebihan yang pertama yaitu Offset Printing dapat mencetak dalam skala besar bahkan sampai dengan ribuan lembar. Hal ini tentu sangat menguntungkan untuk anda yang membutuhkan cetak dalam jumlah banyak seperti membutuhkan cetak media promosi dalam jumlah banyak, sehingga anda juga dapat mencetak banyak dengan biaya yang lebih hemat. 

2. Dapat Mencetak di Kertas Bertekstur Kasar

Kelebihan Offset Printing selanjutnya yaitu dapat digunakan untuk mencetak jenis kertas dengan tekstur kasar. Selain itu Offset Printing juga dapat mencetak kertas yang tebal bahkan sampai 330 gsm. Offset Printing juga dapat digunakan untuk mencetak kertas dengan ukuran yang lebih besar sampai dengan ukuran A1 dan A0. 

3. Ukuran Kertas Tidak Terbatas

Salah satu kelebihan ini yang menyebabkan Offset Printing sangat diminati banyak orang karena anda dapat mencetak berbagai desain sesuai dengan ukuran yang diinginkan. Jadi anda tidak perlu khawatir dalam ukuran kertas yang anda pilih jika anda menggunakan teknik ini. Tinggal memilih dan menyesuaikan dengan ukuran kertas yang anda butuhkan saja. 

4. Detailnya Optimal

Pasti ketika anda melakukan pemesanan anda sudah memiliki desain yang anda inginkan pada media tertaentu. Dengan menggunakan Offset Printing detail desain yang dibuat dapat dihasilkan lebih optimal. Detailnya yang optimal membuat banyak orang mempertimbangkan mengapa mereka memilih mencetak dengan menggunakan teknik ini.

5. Tahan Lama

Kelebihan yang terakhir ini adalah yang paling penting. Hasil cetakan dengan teknik ini tidak akan membuat desain mudah pudar meskipun hasilnya sudah anda gunakan cukup lama. Jadi anda tidak perlu khawatir anda harus mencetak ulang karena desain yang anda cetak cepat memudar. Selain menghemat waktu hal ini juga tentu dapat menghemat pengeluaran kan.

Nah itulah beberapa kelebihan Offset Printing yang dapat anda pertimbangkan ketika akan menggunakan teknik ini.

Kekurangan Offset Printing 

Ada kelebihan tentu pasti ada kekurangan. Berikut kekurangan Offset Printing yang akan kami jelaskan.

1. Biaya Satu Plat untuk Satu File

Seperti yang kami jelaskan diatas teknik cetak ini membutuhkan plat, salah satu yang memakan biaya yaitu dalam menggunakan plat. Jadi anda biasanya mengeluarkan biaya lebih karena biaya satu plat biasanya hanya untuk satu file saja.

2. Waktu Produksi Lebih Lama

Jika anda membutuhkan teknik cetak dalam waktu yang terburu-buru sepertinya Offset Printing kurang tepat karena membutuhkan waktu untuk mengatur plat dan mesin cetak terlebih dahulu. 

3. Perlu Tenaga Ahli

Offset Printing tentu tidak bisa dipraktikan oleh sembarangan karena prosesnya yang rumit dan memakan waktu sehingga teknik ini memerlukan tenaga ahli pada bidang grafika.

Nah itulah sedikit penjelasan mengenai Offset Printing yang dapat anda pertimbangkan terlebih dahulu sebelum memilih teknik ini. Semoga membantu:)

Post a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *