PT Argo Tama Karya

Background Kartu Nama, Elemen Penting yang Sering Dilupakan

Salah satu elemen penting yang harus diperhatikan dalam membuat kartu nama adalah background. Background merupakan sebuah elemen yang akan menambah daya tarik di dalam sebuah tampilan visual. Kita bandingkan saja sendiri, ketika kita melihat sebuah kartu nama yang isinya hanya tulisan kita menjadi kurang tertarik dalam melihatnya. Menjadi berbeda cerita ketika sebuah kartu nama memliki design background yang menarik, kita akan tertarik untuk melihat kartu nama tersebut dan tentu saja membacanya.

Pentingnya Background

Masalah background ini seringkali diremehkan oleh orang awam. Banyak yang berpikir bahwa sebuah kartu nama itu yang penting isinya jelas, di dalamnya terdapat nama, informasi kontak dan alamat yang ditulis dengan front yang bisa dibaca dengan mudah. Akan tetapi, kartu nama yang bentuknya seperti itu sangat tidak menjual. Kita itu membuat kartu nama untuk mempromosikan diri dan jika media promosinya saja bentuknya seadanya maka orang akan menilai kita dengan rendah.

Kalau justru membuat orang menilai kita dengan rendah, apa gunanya kita membuat sebuah kartu nama? Oleh karena itu masalah backgroud ini menjadi hal yang perlu anda perhatikan dengan baik, sehingga fungsi kartu nama sebagai media mempromosikan diri menjadi berjalan secara efektif.

Bagi seorang pebisnis profesional, masalah design tidak pernah dipandang sebelah mata. Banyak orang yang berani membayar biaya dengan jumlah besar untuk mendapatkan sebuah design yang eksklusif. Hal itulah yang menyebabkan pekerjaan sebagai desainer sangat dihargai dalam dunia bisnis. Harga sebuah design menjadi mahal karena dibutuhkan sebuah pemikiran yang matang dalam membuatnya. Jadi bukan hanya asal bikin dan tinggal masukin gambar ini dan itu, tetapi perlu dipikirkan konsepnya seperti apa.

Membuat Kartu Nama Dengan Background Keren

Ada dua pilihan yang bisa anda lakukan dalam membuat sebuah kartu nama yang memiliki background yang keren. Pilihan pertama adalah dengan membuat desain sendiri dengan ide yang anda miliki. Dengan membuat design dari hasil ide kreatif anda ini maka anda memiliki sebuah kartu nama yang eksklusif dan tidak ada yang menyamai.

Jika anda merasa kemampuan mendesign anda kurang bagus, anda bisa menggunakan template yang tersedia pada software grafis yang ada gunakan. Saat ini telah banyak tersedia template kartu nama yang dikerjakan dengan sangat baik. Anda tinggal memilih template mana yang menurut anda paling baik, setelah itu tinggal dilakukan sedikit editing untuk menyempurnakannnya.

Bagi anda yang belum mempunyai pengalaman di bidang desain grafis, saya sarankan anda menggunakan background yang sudah ada. Pada artikel ini saya menyediakan beberapa background yang dibuat menggunakan software Corel Draw. Selain itu, anda bisa juga menggunakan background yang telah disediakan software design grafis online, Canva.

Background Kartu Nama Untuk Corel Draw

Setelah kita membicarakan tentang background kartu nama secara mendalam, ada baiknya saya akan menyediakan contoh background yang menurut saya cukup sederhana tetapi cukup bagus. Nanti anda bisa mendownload background yang saya sediakan ini di link yang ada di bawah.

background 1Background pertama yang saya sediakan adalah yang menampilkan kombinasi 3 warna yaitu merah putih dan hitam. Background ini cocok digunakan untuk kartu nama sebuah perusahaan di bidang promosi, misalnya perusahaan advertising ataupun perusahaan SEO. Walaupun terlihat sederhana, tetapi penampilan background ini cukup elegan.

Background kedua ini saya maksudkan untuk perusahaan atau perorangan yang bekerja di bidang pendidikan. Di bagian belakangnya terdiri atas dua warna yaitu hitam dominan dengan warna kuning dibawahnya. Kemudian di bagian depannya saya beri kombinasi warna hitam dan putih dalam jumlah hampir sama dengan sedikit warna kuning di bagian tengahnya. Tampilan seperti ini akan menghasilkan sebuah kartu nama yang classic tetapi terlihat tidak murahan.

Background kartu namaBackground Ketiga adalah kombinasi warna merah dan putih dengan sedikit warna abu-abu yang bertindak sebagai bayangan. Model design ini sangat cocok untuk kartu nama bagi seorang pemuda yang masih memiliki semangat juang membara dan hati yang polos. Kartu nama ini cocok bagi anda yang baru memulai usaha ataupun seorang yang baru memasuki dunia kerja.

Background 3Background keempat yang saya sediakan adalah kombinasi warna kuning dan putih. Tampilannya sederhana dengan dua warna yang cukup kontras, membuat background ini cocok untuk kartu nama yang ingin ditulisisi banyak tulisan didalamnya. Tulisan diletakkan pada warna putihnya sehingga orang yang melihatnya kartu nama ini akan terfokus di tulisannya.

Background kartu namaBakcgounrd yang kelima ini dibuat dengan efek seperti sebuah kado. Background ini cocok digunakan bagi anda yang bergerak di bidang jual beli kue, makanan ringan dan hadiah. Kombinasi warna merah dan hitam di dalam background ini membuat orang akan terfokus saat melihatnya. Tulisan sebaiknya ditulis dengan warna putih agar terlihat dengan jelas.

Itulah 5 background kartu nama yang bisa anda gunakan, anda bisa mendlownload kelima background diatas dalam link berikut ini. Dengan background ini, anda bisa membuat kartu nama anda menggunakan software Corel Draw atauapun Adobe Photoshop. Anda tinggal menambahkan beberapa informasi penting di dalamnya. Jangan lupa memilih font dan ukuran yang tepat, sehingga tulisan bisa terlihat dengan jelas.

Background Kartu Nama Menggunakan Canva

Selain menggunakan Corel Draw, anda bisa menggunakan software Canva untuk membuat kartu nama anda. Di dalam software yang diakses secara online ini, tersedia ribuan background yang bisa anda pilih untuk kartu nama anda. Anda bisa mendapatkan tampilan kartu nama sesuai yang anda inginkan disini.

Pembuatan kartu nama juga dapat dilakukan dengan mudah, karena anda tinggal sedikit mengedit dari temlate yang disediakan sehingga tidak diperlukan kemampuan desain yang mumpuni untuk membuatnya. Di dalam software ini terdapat ribuan background dengan berbagai macam gaya. Jadi apapun bisnis yang anda kerjakan, anda bisa menggunakan software ini untuk membuat kartu nama anda.

Tahapan pembuatan kartu nama menggunakan Canva adalah sebagai berikut :

Hal pertama yang perlu anda lakukan adalah mengakses aplikasi ini dengan mengunjungi website Canva.com. Setelah itu, anda log in menggunakan akun yang sudah anda punya. Jikalau anda belum memiliki akun di website ini, anda tinggal mendaftar secara gratis dengan melengkapi data diri anda.

Setelah berhasil memasuki akun canva, anda akan diminta memilih background yang telah tersedia di dalamnya. Pilih background untuk design “business card”. Setelah itu, anda tinggal memilih ribuan template dan background kartu nama yang sudah disediakan oleh apikasi.

Setelah memiliki template yang menurut anda cocok, anda tinggal mengisi informasi diri anda di kartu nama yang ingin anda buat. Anda juga bisa mengupload foto ataupun gambar yang anda miliki ke kartu nama anda. Silahkan cek informasi yang terletak di dalam kartu nama yang anda buah sebelum menyimpannya. Setelah selesai menyimpan design kartu nama yang anda buat, anda bisa membawanya ke percetakan untuk di cetak.