PT Argo Tama Karya

Cara Membuat Kartu Nama Dengan Corel Draw

Kartu nama merupakan sebuah alat yang penting digunakan untuk memperkenalkan diri, terutama bagi anda yang bekerja sebagai pebisnis, marketing ataupun tenaga eksekutif lainnya. Anda bisa membuat sendiri kartu nama anda dengan cara memanfatkan Corel Draw. Corel Draw merupakan salah satu software desain grafis populer yang mudah digunakan. Oleh sebab itu pada artikel kali ini saya akan mencoba menjelaskan bagaimana tahapan untuk membuat sebuah kartu nama dengan Corel Draw.

Memikirkan Desain

Hal pertama yang perlu anda lakukan didalam membuat kartu nama menggunakan Corel Draw adalah untuk memikirkan konsep design yang anda gunakan. Anda bisa mencoba membuat konsep sendiri ataupun dengan cara meniru design orang lain. Semakin banyak elemen di dalamnya, maka tentu di dalam pembuatan kartu nama tersebut semakin sulit. Bagi anda yang sudah profesional di dalam membuat sebuah design, anda bisa mengkreasikan ide-ide segar anda di dalam pembuatan kartu nama anda. Sedangkan bagi anda yang masih pemula, saya sarankan anda membuat dengan sederhana tetapi tetap terlihat rapi dan profesional.

Kita bisa membuat sebuah kartu nama yang sederhana tetapi ekslusif menggunakan Corel Draw dengan cara memadukan beberapa elemen sederhana yang ada. Misalnya saja dengan memasukkan bentuk lingkaran, kotak, atapun garis sebagai penghias latar belakang kartu. Dengan menggunakan obyek-obyek sederhana ini saja anda bisa membuat sebuah karut nama terlihat keren kok.

Membuat Kartu Nama Dengan Cara Memanfaatkan Corel Draw

Pada artikel ini saya akan mencoba sedikit menjelaskan tentang cara membuat kartu nama dengan Corel Draw yang sederhana tetapi teta terlihat keren. Cara ini sangat mudah dipraktekkan dan sangat cocok bagi anda yang masih pemula di dalam design grafik.

Tahapan pertama yang harus anda lakukan adalah membuka program Corel Draw. Jika anda belum menginstallnya, anda bisa mendownload program ini yang banyak tersedia di Internet. Pada artikel ini saya akan menggunakan Corel Draw versi X4. Setelah program terbuka, anda buka dokumen baru dengan klik new document di bagian menu atau dengan menekan Ctrl + N.

membuat kotakSetelah itu, anda perlu membuat bentuk karu nama anda. Anda bisa membuat kartu nama dalam bentuk oval, kotak, persegi panjang atau bentuk lainnya. Disini saya akan membuat kartu nama yang sudah umum saja yaitu berbentuk persegi panjang. Untuk membuatnya klik bagian Rectangle Tool yang berada di bagian kiri lembar kerja anda. Setelah di klik, anda bentuklah sebuah persegi panjang di lembar kerja anda. Kemudian kita perlu menentukan ukuran kartu nama kita, dengan cara mengklik persegi panjang yang telah kita buat dan pilih properti. Karena saya akan membuat dengan ukuran kartu nama standar, maka saya akan mengisinya dengan panjang 90 mm dan lebar 55 mm.

membuat kartu nama dengan corel draw

Agar terlihat agak berbeda dengan kebanyakan kartu nama yang beredar, saya akan membuat bagian sudut kartu nama ini membulat. Caranya dengan menggunakan Shape Tool, kemudian klik salah satu sudut persegi panjang yang kita buat tadi kemudian kita tarik ke kanan atau kekiri sehingga membentuk bulatan seperti yang kita inginkan.

membuat lingkaran pada kartu nama dengan corel drawUntuk memberikan variasi tampilan, saya akan memasukkan sebuah lingkaran di dalam kartu nama yang akan saya buat ini. Caranya dengan mengklik di bagian ellipse tool, kemudian saya akan menggambarkan sebuah lingkaran yang berbentuk bulat sempurna. Walau begitu saya tidak akan memasukkan seluruh lingkaran ini ke dalam kartu nama, cukup 3/4nya saja.

kartu nama dodi6Selanjutnya, agar hanya lingkaran yang ada di dalam kartu nama saja yang tampil maka yang berada di luar persegi panjang harus di hapus. Untuk membuang bagian lingkaran yang ada diluar ini, caranya dengan mengklik lingkaran sambil memencet tombol Shift. Kemudian, kita klik bagian persegi panjang dan pada properti bar kita klik intersect. Hasilnya adalah kita telah membuang lingkaran yang ada di luar seperti tampilan dibawah ini.

Mengisi warna kartu nama corel drawTahap berikutnya adalah dengan memberikan warna pada kartu nama kita. Dalam pemilihan warna ini, usahakan memilih warna yang kontras. Pada kartu nama yang saya buat ini, saya akan membuat bagian lingkaran berwarna kuning sedangkan diluarnya biru. Caranya adalah dengan mengklik lingkaran, kemudian pilih warna kuning pada bagian palet warna yang berada di bagian kanan lembar kerja kita. Selanjutnya, kita klik bagian persegi panjang, dan pilih warna biru.

Agar warna kuning yang berada di lingkaran terlihat lebih membaur dengan warna biru yang ada diluar lingkaran. Saya akan membuat bagan lingkaran memiliki sedikit ketransparanan. Caranya dengan mengklik lingkaran kemudian kita klik pada transparency tool, lalu kita drag ke kanan atau kekiri sesuai dengan tingkat ketransparanan yang diinginkan. Hasilnya adalah seperti gambar dibawah ini.

ketransparanan

Setelah itu, saya ingin memasukkan persegi panjang ke dalam design kartu nama saya. Caranya sama seperti membuat persegi panjang yang pertama, yaitu dengan menggunakan rectangle tool. Setelah persegi panjang kita buat, kita warnai persegi panjang ini dengan warna yang diinginkan, pada kali ini saya akan mewarnainya dengan warna oranye. Persegi panjang ini akan saya posisikan di bagian bawah kartu nama.

kotak

Setelah itu, kita memasukkan tulisan berupa nama perusahaan atau nama perorangan, tergantung dari maksud dan tujuan dari pembuatan kartu nama ini. Pastikan nama ini terlihat dengan jelas dan memiliki warna yang menonjol sehingga dapat dibaca penerima kartu dengan jelas.

Selain nama, jika perusahaan anda mempunyai sebuah logo maka sebaiknya logo ini kita masukkan juga di sebelah nama. Ukuran logo ini bagusnya, sedikit lebih besar daripada nama perusahaan seperti yang bisa anda lihat dibawah ini. Selain itu, saya akan menuliskan tentang bidang perusahaan yang akan saya tempatkan di bagian atas nama perusahaan. Sehingga hasilnya bisa anda lihat seperti berikut ini.

kartu nama corel draw

Pada kotak kedua yang kita buat tadi, kita tuliskan alamat perusahaan. Selain itu, kita buat lagi kotak berikutnya untuk menuliska juga informasi mengenai nama pemilik kartu nama dan bagaimana cara menghubunginya.

membuat kartu nama corel draw

Anda juga bisa memasukkan informasi lainnya yang menurut anda penting. Misalnya saja, produk apa saja yang anda sediakan. Dengan begitu maka anda berhasil membuat kartu nama menggunakan Corel Draw dengan benar.

Anda juga bisa membuat kartu nama dengan desain lainnya menggunakan Corel Draw.  Semuanya tergantung kreatifitas dari ide anda, karena dengan softaware ini kita bisa membuat sebuah kartu nama dengan berbagai bentuk dan design seperti yang kita inginkann. Misalnya saja dengan menggunakan gambar sebagai background dasar, memaukkan foto anda ke dalam kartu nama ataupun hal lainnya. Yang jelas setelah anda mendesign kartu nama ini, jangan sampai lupa untuk menyimpan hasil kerja anda dan kemudian dibawa ke percetakan.

Itulah sedikit dari saya, semoga artikel ini bermanfaat ya.