PT Argo Tama Karya

Ciri-ciri dan Komponen Utama Mesin Offset Printing atau Cetak Offset

Seperti yang kita ketahui Mesin Offset Printing adalah mesin yang digunakan untuk mencetak dalam jumlah yang banyak. Pada umumnya Offset Printing atau cetak offset lebih sering digunakan di bidang usaha percetakan. Sebelum kami bahas tentang ciri-ciri dan komponen utama offset printing mari simak tiap-tiap penjelasan dibawah ini!!

Mesin offset atau cetak offset ini memang memiliki harga yang lumayan mahal sehingga mesin ini lebih sering digunakan di bidang percetakan yang memang sering mencetak dalam jumlah banyak. Biarpun harga mesin ini cukup mahal tetapi keunggulannya sangat sebanding dengan kelebihan yang dimiliki oleh mesin ini. Sehingga mesin offset masih sangat populer sampai saat ini.  

Pada proses kerjanya mesin cetak offset membutuhkan operator untuk menjalankan mesin tersebut. Mesin offset banyak digunakan saat ini karena memang offset printing memiliki banyak keunggulan.

Beberapa keunggulannnya adalah dapat mencetak dalam jumlah banyak dengan waktu yang lumayan singkat, kwalitas warna juga tinggi dan juga tahan lama. Selain itu menggunakan mesin offset juga dapat dengan berbagai ukuran dan dengan berbagai tinta. 

Ciri-ciri Mesin Offset Printing

Untuk mengetahui lebih jauh tentang offset printing berikut kami jelaskan ciri-ciri mesin offset.

1. Menggunakan komponen mekanis

Komponen mekanis merupakan elemen mesin yang sangat penting. Mesin offset dijalankan dan digerakan menggunakan listrik dengan bantuan komponen mekanis.

2. Paper Plate

Mesin offset selalu membutuhkan plate dalam proses mencetaknya. Desain tersebut dicetak dengan bantuan paper plate yang sering disebut sebagai master.

3. Menggunakan Zat Kimia

Dalam proses mencetaknya mesin offset printing dibantu dengan zat kimia yang biasa dibilang fixer dan juga air, caranya dengan memindahkan huruf pada blanket.

4. Dapat Mencetak Dengan Berbagai Ukuran

Mencetak desain di mesin offset dapat berbagaj ukuran sampai dengan mencetak di kertas doorslag dan dari ukuran A6 sampai A0.

5. Mencetak berwarna

Seperti yang kita tahu selain mencetak berbagai ukuran cirinya mesin offset juga dapat mencetak gambar atau foto yang berwarna.

Nah itulah beberapa ciri mesin offset yang perlu anda tahu.

Komponen Utama Mesin Offset Printing

Mesin offset printing memiliki beberapa komponen utama, berikut komponen utama mesin offset yang perlu anda tahu.

1. Silinder Plat

Mesin offset memiliki komponen utama yang pertama adalah Silinder Plat, ini merupakan komponen yang sangat penting. Silinder Plat berfungsi sebagai rumah plat cetak yang berbentuk sebuah silinder.

2. Silinder Blanket

Silinder Blanket merupakan perantara atau peralihan tinta dari plat cetak lalu menuju media yang akan diberi tinta. Sedangkan bentuk dari Silinder Blanket ialah roll silinder.

3. Silinder Tinta

Silinder Tinta adalah tempat yang berfungsi untuk memasukan tinta cetak yang akan digunakan untuk memberi warna pada desain tersebut.

4. Silinder Impression

Silinder Impression merupakan komponen yang berfungsi sebagai tempat untuk meletakkan bahan media yang akan diberikan tinta cetak. Silinder Impression jiga berbentuk sebuah roll silinder.

5. Silinder Air

Silinder Air merupakan komponen yang terakhir yang berfungsi sebagai tempat untuk memberikan air dan untuk mengisi area kosong pada desan yang tidak terkena tinta cetak. Itulah ciri-ciri dan komponen utama Mesin Offset Printing atau cetak offset yang perlu anda ketahui. Dengan berbagai keunggulannya anda dapat mempertimbangkan sebelum menggunakan mesin offset ini, semoga membantu!!

Post a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *