PT Argo Tama Karya

Desain Kartu Nama Untuk Perusahaan Yang Bisa Ditiru

Memiliki kartu nama memang merupakan suatu hal yang penting bagi suatu perusahaan. Kartu nama digunakan untuk memperkenalkan perusahaan anda kepada orang yang kira-kira akan membutuhkan jasa atau produk yang disediakan peruahaan anda. Oleh karena itu, memilih Desain kartu nama yang sesuai dengan karakter perusahaan anda menjadi sesuatu yang wajib.

Pada artikel ini saya akan menampilkan beberapa contoh desain kartu nama perusahaan di beberapa bidang yang mungkin bisa anda jadikan inspirasi untuk membuat kartu nama perusahaan anda. Selain itu, di artikel ini akan saya tuliskan beberapa pengetahuan umum seputar kartu nama, seperti :

  1. Fungsi sebuah kartu nama bagi sebuah perusahaan.
  2. Kesalahan yang sering dilakukan dalam pembuatan kartu nama.
  3. Ukuran kartu nama yang standar.
  4. Contoh desain kartu nama yang ekslusif.

Fungsi Kartu Nama Bagi Sebuah Perusahaan

Sebelum melihat contoh desain kartu nama, sebaiknya anda memahami terlebih dahulu tentang apa kartu nama dan arti pentingnya. Secara umum yang dinamakan kartu nama adalah sebuah kartu kecil yang didalamnya terdapat informasi tentang sang pemilik. Di dalam kartu ini biasanya terdapat nama perusahaan, alamatnya dan informasi kontak yang bisa dihubungi.

Pada umumnya seseorang akan memberikan kartu namanya apabila ingin memperkenalkan perusahaan atau usahanya ketika menemukan calon pelanggan prospektif. Dengan informasi yang terdapat di kartu nama, maka orang tersebut dapat menghubungi melalui informasi kontak yang tersedia apabila membutuhkannya.

Kartu nama juga dapat menunjukkan keprofesionalitasan sebuah perusahaan. Sebuah perusahaan yang mempunyai kartu nama yang desainnya sederhana biasanya dianggap remeh oleh orang yang menerimanya. Dalam pikiran mereka, membuat kartu namanya saja asal-asal pastilah produk atau jasa yang diberikan kurang begitu bagus.

Ukuran Kartu Nama Berdasarkan Standar Indonesia

Selain perlu memperhatikan desain, di dalam pembuatan kartu nama anda perlu juga untuk memastikan ukuran tulisan yang tertera di dalamnya dapat terlihat dengan jelas. Hal itu dilakukan supaya fungsi kartu nama sebagai sebuah alat komunikasi dapat menjadi optimal.

Ukuran kartu nama juga perlu diperhatikan, setiap negara memiliki ukuran kartu nama standar tersendiri. Berikut ini beberapa ukuran standar yang digunakan oleh beberapa negara :

  1. Indonesia, New Zealand, Denmark, Australia, India, Norwegia dan Colombia menggunakan ukuran standar 90 x 55 mm.
  2. Mayoritas negara-negara eropa seperti Prancis, Italia, Inggris dan Spanyol menggunakan ukuran 85 x 55 mm.
  3. Malaysia, Hongkong, Cina dan Singapura menggunakan kartu nama ukuran 90 x 54 mm.
  4. Amerika, Kanada dan Belanda menggunakan kartu nama ukuran 89 x 51.
  5. Negara-negara eropa timur seperti Cekoslovakia, Georgia dan Rusia menggunakan ukuran 90 x 50 mm.
  6. Jepang menggunakan ukuran 91 x 55 mm.

Sedangkan untuk masalah jenis kertas yang digunakan, biasanya yang paling baik adalah menggunakan kertas Art Paper ataupun Art Cartoon yang memiliki berat 650 gsm. Kartu nama yang dibuat dengan jenis kertas ini mempunyai permukaan yang licin dan mengkilat sehingga tidak mudah kotor.

Contoh Desain Kartu Nama Perusahaan

Seperti yang telah saya sebutkan diatas, desain kartu sebuah perusahaan haruslah disesuaikan dengan bidang perusahaan tersebut. Misalnya saja sebuah perusahaan yang bergerak di Industri Musik haruslah mempunyai kartu nama yang sesuai dengannya. Dengan desain yang demikian, akan menjadikan anda lebih percaya diri ketika memberikan kartu nama tersebut ke orang lain.

Berikut ini akan saya tampilkan beberapa contoh desain kartu nama perusahaan beserta bidangnya, sehingga bisa anda tiru.

Desain Kartu Nama Perusahaan Umum

contoh kartu nama 1Desain pertama yang saya tampilkan ini terdiri atas dua warna utama yaitu putih dan warna cokelat kayu. Desain ini menampilkan sederhana tetapi elegan ini bisa digunakan oleh sebuah perusahaan di berbagai bidang.

Desain kartu nama ini menampilkan motif batik berwarna emas di dalamnya. Desain ini terlihat classic dan meninggikan nilai kebudayaan Jawa. Desain ini cocok digunakan oleh perusahaan yang lokasi usahanya berada di pulau jawa.

kartu nama perusahaanDesain ini menampilkan motif kayu di bagian mukanya, kemudian di bagian belakangnya diberikan warna hitam. Desain ini dapat menunjukkan bahwa perusahaan anda bekelas dan cocok digunakan oleh sebuah perusahaan besar yang telah cukup ternama.

Desain Kartu Nama Perusahaan di Industri Musik

perusahaan musikDesain kartu nama ini cocok digunakan oleh sebuah perusahaan yang bergerak di Industri Musik, misalnya aja studio rekaman, manajemen artis ataupun sekolah musik. Desain ini cukup sederhana tetapi dapat menunjukkan tentang sebuah perusahaan yang memiliki kartu nama tersebut.

Hanya dengan melihat desainnya, orang yang menerima kartu nama ini dapat mengetahui bahwa pemilik kartu nama ini bergerak di industri musik. Desain ini sangat cocok digunakan bagi sebuah perusahaan yang bergerak di industri musik.

Desain Katu Nama Untuk Yang Bergerak di Bidang Fotografi

Kartu nama fotograferDesain kartu nama ini terlihat cukup meriah dan unik, serta dapat menunjukkan bahwa pemiliknya bergerak di bidang fotografi. Desain ini memang dibuat untuk perusahaan yang bergerak dibidang fotografi, seperti jasa shooting pernikahan, jasa fotografi preeweding atau studio foto.

Perusahaan di Bidang Pertanian

Kartu nama ProfesionalKartu nama ini terlihat sangat profesional dengan tema dedaunan yang berwarna hijau dan cokelat. Latar belakang yang sederhana dengan kombinasi background yang menarik, membuat kartu nama ini sangat cocok digunakan bagi anda yang bergerak di bidang pertanian, seperti penyedia pupuk, bibit, pestisida, peneliti ataupun jasa pembuatan taman. Pokoknya bagi anda yang bergerak di bidang pertanian sangat cocok deh menggunakan desain ini.

kartu nama rizkaDesain kartu nama ini sangat cocok bagi anda yang bergerak di bidang tanaman hias, seperti penyedia tanaman hias, dekorasi bunga ataupun lainnya. Dengan background berwarna putih dan sebuah gambar bunga, kartu nama ini menggambarkan bahwa pemiliknya sederhana.

Perusahaan di Bidang Stylist

kartu nama barber shopKartu nama ini cocok digunakan bagi anda yang memiliki usaha barbershop. Desainnya cukup simpel dengan background berwarna hitam dipadukan dengan warna biru putih merah di bagian sampingnya yang menjadi ciri khas sebuah barbershop.

Desain kartu nama ini dibuat khusus untuk anda yang bergerak dibidang stylist rambut, misalnya jasa rias penganten, salon ataupun barbershop. Desain ini mempunyai latar belakang dengan warna yang cukup meriah dilengkapi gambar gunting rambut yang memberikan kesan bahwa pemiliknya adalah seorang stylist profesional.

Perusahaan di Bidang Otomotif

Ketika melihat kartu nama dengan tampilan seperti ini, sang penerima akan langsung mengetahui bahwa sang pemilik bergerak di bidang otomotif. Dengan latar belakang yag berwarna putih dan sebuah gambar ban mobil, desain kartu nama ini terlihat sportif dan elegan serta merepresentasikan bahwa pemiliknya bergerak di bidang otomotif.

kartu nama bengkel mobilPada desain kartu nama ini diperlihan gambar beberapa alat bengkel, seperti tang, obeng, pengukur tekanan kompresor, dan lain sebagainyanya. Dengan kehadiran gambar tersebut menjelaskan bahwa sang pemilik kartu nama ini merupakan seseorang yang bergerak di bidang otomotif, khususnya bengkel mobil.