PT Argo Tama Karya

Jasa Percetakan Sistem POD Yang Berkualitas

Apa itu jasa percetakan sistem POD? Merupakan teknologi dalam mencetak sebuah buku yang sesuai dengan permintaan pemesan, cetak buku seperti ini adalah revolusi paling besar di dalam dunia percetakan buku pada saat penemuan sebuah mesin cetak Gutenberg, Print On Demand (POD) akan mempermudah serta terjangkau untuk penulis dan juga penerbit, untuk mencetak dan memasarkan buku-buku yang mereka buat langsung kepads si pembaca. Penawaran sistem POD ini sangat marak ditawarkan dalam berbagai situs percetakan indie. Yang banyak menarik perhatian para penulis awal ialah bahwa mereka bisa mencetak bukunya meski hanya berjumlah 1 buah buku. Kemudian, buku yang dibuat oleh para penulis pemula tersebut tidak melewati review yang biasanya dilakukan oleh pihak penerbit.

jasa percetakan sistem POD

Jika Anda sedang mencari jasa percetakan sistem POD, maka Anda akan mendapatkan keuntungan yang lain selain hemat. Menulis naskah lalu menawarkan ke pihak penerbit buku, namun masih belum lolos jug? Anda bisa memilih sebuah penerbit buku ataupun percetakan murah yang memakai sistem Print On Demand atau lebih dikenal dengan POD. POD adalah buku yang diterbitkan sesuai dengan kemampuan si penulis. Sistem cetak yang sesuai dengan keinginan pasar saja. Buku yang di cetak jumlah nya dari mulai satu eksemplar, Sampai tidak ada batasnya. POD memang tidak sama seperti sistem percetakan offset, di mana perlu ada batas paling sedikit jumlahnya 1000 eksemplar.

Keuntungan menerbitkan buku dengan sistem Print On Demand ini memberikan tawaran yang lain. Jika buku yang terjual jumlahnya banyak, maka keuntungan yang didapatkan si penulis pun jauh lebih banyak. Semua keuntungan masuk ke si penulis tersebut, tanpa adanya potongan ini dan itu. Nah, dibawah ini ada beberapa keuntungan menerbitkan buku dengan sistem POD, di mana dari sisi keuntungan yang didapatkan lebih menggiurkan dan juga menjanjikan.

Keuntungan Jasa Percetakan Sistem POD

  1. Biaya Cetak Menyesuaikan Kemampuan Penulis

Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa ketika seseorang ingin menerbitkan buku tentunya membutuhkan modal, baik itu modal keterampilan dan modal non material. Sebagian besar orang banyak beranggapan bahwasanya mencetak buku di penerbit mayor lebih menguntungkan. Sebetulnya, anggapan tersebut tidak selamanya benar. Ketika sebuah tulisan diterima oleh pihak penerbit mayor, pihak penulis nampak cukup  menguntungkan di depan, sebab pihak penulis tidak diminta dana untuk mencetak.

Beda halnya dengan sistem POD, di awal penulis dibebankan dengan biaya cetak, Tetapi pada saat buku sudah dipasarkan dan terjual, modal yang telah dikeluarkan juga akan kembali lagi, dan keuntungan yang didapatkan lebih besar. Uang yang sudah di keluarkan oleh penulis juga Bisa dibilang meringankan karena biaya percetakannya cukup murah, dan bukunya sesuai dengan kemampuan Si penulis. Jika penulis mampu mencetak 10 buah buku, maka jumlah itulah yang akan dicetak. Sistem POD untuk penulis multitalenta tak akan mengeluarkan banyak biaya.

  1. Efektif dan Efisien Secara Operasional

Ciri khas sistem Print on Demand (POD) adalah percetakan bukunya yang murah. Cara seperti ini dianggap lebih efektif dan juga efisien dari banyak sisi. Dari mulai bahan baku, penghematan waktu, dan yang pasti hemat biaya. Seperti yang sudah kita ketahui, kelemahan penerbit mayor ialah banyaknya buku yang numpuk di gudang. Tak hanya memerlukan tempat, secara otomatis pasti akan membebankan biaya untuk sewa tempat. Kelebihan lain dari jasa percetakan sistem POD adalah kita tidak harus menjalani birokrasi, Tulisan tidak harus diseleksi dalam waktu yang panjang.

Dari sisi waktu misalnya, naskah yang dikirim ke pihak penerbit mayor memerlukan proses paling cepat sekitar 3 bulan. Beda hal nya dengan penerbit yang memakai  sistem POD yang hanya memerlukan waktu 2 Minggu untuk menerbitkan tulisan Anda. Jika penerbit mayor memperhatikan tipe tulisan, gagasan yang akan disampaikan, dan akan membatasi isi naskah. Maka, sistem POD ini tidak demikian. Semua ide dan gagasan yang mau penulis sampaikan ke orang yang akan membaca bisa tetap diterbitkan. Tingkat kepuasan yang didapatkan pun sesuai dengan kemauan penulis.

Jasa Percetakan Sistem POD Yang Berkualitas

  1. Lebih Dibebaskan untuk Cetak Ulang

Dengan sistem POD ini, penulis dapat memesan untuk mencetak ulang bukunya. Kapanpun buku bisa dicetak, selama si penulis ingin tetap menerbitkan bukunya. Dan bahkan selama penulis masih memiliki ikatan kontrak menjadi sebagai penulis di penerbit yang terkait, maka Hak cipta seluruhnya ada di tangan penulis tersebut.

Kelebihan Jasa Percetakan Sistem POD

  1. Proses percetakan bisa Anda kendalikan seluruhnya, sehingga buku bisa menjangkau pembaca dengan efesien dan efektif.
  2. Buku tersebut bisa Anda terbitkan sendiri dan langsung dijual
  3. Anda dapat mencetak satu buku saja, tanpa adanya ketentuan jumlah yang perlu dicetak.
  4. Anda bisa mencetak buku dengan waktu yang relative singkat sekitar 3 sampai 4 hari kerja ketimbang dengan percetakan buku offset.

Jenis kertas yang basa digunakan pada sistem POD terdapat 2 jenis yakni kertas HVS dan BOOK PAPER. Lalu Bagaimana dengan kualitas percetakannya? untuk kualitas percetakan sistem POD ini sama seperti kualitas cetak offset yang nyaman untuk pembaca buku.

Ketika Anda Melakukan Sistem POD Lalu Apa Yang Akan Anda Pilih?

Lakukan percetakan Indie yang hanya Anda tujukan kepada komunitas yang Anda miliki, karena maksimal percetakan buku akan dihitung dari seberapa banyak anggota dalam komunitas yang kemungkinan besar akan membeli buku yang Anda buat.

Contoh:

Jika anda memakai media sosial, maka jumlah followers Anda yang aktif bisa dihitung sebagai jumlah orang yang membeli buku anda. Bila jumlah followers yang aktif adalah 200 followers, maka bila satu orang membeli 2 buku, maka jumlah cetak maksimal hanyalah 400 eksemplar. Lalu bila menjadi 100mplar sebagai hitungan rata-rata yang memesan lebih, maka buku yang terjual maksimal dari percetakan indie yang mengandalkan sistem media sosial hanyalah dalam jumlah cetak kisaran 500 eksemplar “ini tadi dihitung apabila followers yang aktif dalam obrolan social media Anda adalah 200 followers”

Coba bandingkan apabila Anda memakai percetakan yang konvensional yang memiliki minimal cetak pertama adalah sekitar 5000 eksemplar, memakai distributor di toko buku, maka jika Kami mengambil contoh buku Kami yang sampai naik cetak hingga 22 kali, maka jumlah eksemplar yang terjual adalah kisaran 110.000 eksemplar dimana jumlah ini tidak bisa dikejar oleh cetak Indie atau POD yang cuma mengandalkan komunitas media sosial saja.

Nah, itulah beberapa keuntungan dan kelebihan jika Anda menggunakan jasa percetakan sistem POD. Semoga poin-poin di atas bisa berguna dan bermanfaat untuk Anda. sedikit masukan dari kami, Janganlah kalian berhenti dalam berkarya terutama pada bidang penulisan naskah atau buku, karena membaca adalah jembatan ilmu dan membaca juga menjadi kebutuhan penting bagi sebagian orang. Maka teruslah kalian berkarya.