PT Argo Tama Karya

Jenis Kertas Yang Digunakan Untuk Kartu Nama

Kertas merupakan salah satu elemen penting di dalam pembuatan kartu nama. Bersama dengan design, ia akan menentukan kesan bagi orang yang membacanya. Kesan si pembaca kartu nama ini sangatlah penting, karena benda ini digunakan memiliki fungsi yang penting untuk mempromosikan diri dan usaha anda. Dengan melihat kartu namanya, sesesorang akan bisa menilai tentang kepribadian seseorang. Maka dari itu, dalam pembuatan kartu nama harus dibuat dengan baik sehingga memberikan kesan bagi orang yang membacanya.

Jenis Kertas Sebagai Bahan Kartu Nama

Didalam pembuatan kartu nama, ada beberapa jenis kertas yang bisa anda gunakan. Setiap kertas memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing. Oleh karena itu anda harus memikirkannya dengan hati-hati sebelum anda menentukan kertas apa yang ingin anda gunakan. Minta tolonglah kepada petugas percetakan untuk memberikan saran mengenai jenis kertas apa kah yang cocok digunakan di dalam pembuatan kartu nama anda.

Art Paper

Art Paper merupakan kertas yang bagian permukaannya licin, halus, dan mengkilap (glossy). Permukaan art paper bisa mengkilap karena salah satu sisinya dilapisi (coated) yang akan membuat kertas ini tidak mudah menyerap cairan, termasuk tinta. Oleh sebab itu, permukaan mengkilap kertas ini tidak dapat ditulisi oleh tinta pulpen. Tinta pulpen ini justru akan menyebar sehingga membuatnya mengotori kartu nama.

Jenis kertas ini memiliki ketebalan yang cukup beragam, mulai dari 85 gr hingga 150 gr. Ketebalan 150 gr sendiri menurut saya kurang terlalu baik untuk digunakan sebagai kartu nama. Akan tetapi, jika anda memiliki dana yang agak terbatas jenis kertas ini tetap bisa anda gunakan. Akan tetapi tentu pilihlah yang memiliki ketebalan 150 gr.

Art Carton

Art Carton merupakan kertas yang memiliki kemiripan dari Art Paper, perbedaan keduanya adalah di masalah ketebalan saja. Jenis kertas ini memiliki ketebalan yang lebih baik, mulai dari 190 gr hingga 400 gr. Semakin tebal belum tentu semakin bagus ya, ketebalan kertas yang saya rekomendasikan adalah sekitar 230 sampai 270 gr. Lebih dari itu kartu nama yang anda buat akan terlalu kaku untuk ditaruh di saku.

Sama seperti saudaranya tersebut, kertas Art Cartoon dilapisi di salah satu sisinya sehingga mengkilap dan tidak dapat ditulisi dengan bulpen. Oleh sebab itu, penerima kartu nama yang dibuat tidak dapat mencorat-coretnya dengan bulpen. Kartu nama yang dibuat dengan kertas ini memiliki kesan yang mewah. Anda bisa membuat sebuah kartu yang diberi blok warna. Selain itu, biasanya pihak percetakan akan memberikan laminasi glossy atau doff sehingga kartu nama anda terkesan lebih bagus.

Blues White (BW)

Jenis kertas ini juga sering digunakan untuk pembuatan kartu nama. Kertas BW sering juga disebut dengan nama kertas BC atau manila. Permukaan kertas ini halus tetapi tidak mengkilap karena tidak diberi lapisan seperti halnya kertas art paper dan art cartoon.

Karena tidak adanya pelapisan ini, membuat kertas ini menjadi dapat ditulisi oleh tinta. Jika anda mengharapkan penerimakartu nama anda untuk dapat menulis di kartu nama anda, maka kertas BW dapat menjadi solusi. Kekurangan bahan ini adalah tidak dapat dicetak di kedua sisinya. Kertas ini tersedia dalam berbagai warna dan ketebalan, akan tetapi untuk kartu nama sebaiknya gunakan ketebalan 160 gr, 220 gr atau 250 gr.

Mohawk Option

Mohawk option merupakan salah satu jenis kertas impor yang tersedia dengan ketebalan 104 gr, 118 gr, 176 gr, 216 gr, dan 243 gr. Sebenarnya, kertas ini merupakan hasil daur ulang dari kertas-kertas bekas. Oleh sebab itu, bahan ini memiliki harga yang relatif terjangkau.

Walaupun kertas ini permukaannya tidak dilapisi (uncoated), tetapi teksturnya sangat halus. Hasil cetak kartu nama yang menggunakan kertas ini memiliki kualitas gambar yang sangat bagus. Hal itu disebabkan karena ia memiliki daya serap tinta yang tinggi. Jika anda berniat membuat kartu nama yang memiliki banyak gambar, penggunaan kertas ini adalah pilihan yang tepat. Kelebihan lainnya adalah jenis kertas ini dapat dicetak bolak balik.

Linen Jepang

Linen jepang merupakan kertas yang sering digunakan untuk pembuatan piagam. Jenis kertas ini memiliki ketebalan 230 gram dengan warna putih bertekstur. Sepintas, linen jepang sangat mirip dengan kertas buffalo. Perbedaan keduanya ada di maslaah tekstur, dimana linen jepang memiliki tekstur yang lebih halus.

Banyak juga perusahaan yang menggunakan linen jepang di dalam pembuatan kartu namanya. Hal itu dikarenakan, kartu nama yang dibuat dengan kertas ini akan memberikan kesan eksklusif dikarenakan tebal dan bertekstur.

Linen Holland

Jenis kertas ini masih setipe dengan kertas linen jepang, perbedaaanya adalah di tekstur dan warnanya. Pada kertas linen jepang warna putihnya masih dengan sedikit kekuningan, sedangkan linen holland warnanya lebih putih dan sudah mendekati HVS. Sedangkan untuk masalah tekstur, tekstur pada kertas ini lebih terlihat dengan jelas. Penggunaan kertas ini tentu lebih direkomendasikan di dalam pembuatan sebuah kartu nama yang eksklusif dibanding saudaranya tersebut. Hanya saja, biaya yang dikeluarkan menggunakan bahan ini biasanya lebih mahal.

Aquarello

Jenis kertas ini terglong kertas premium dan sangat saya rekomendasikan. Pada kedua permukaannya terdapat tekstur berbentuk garis horizontal. Kartu nama yang dibuat dengan bahan ini memiliki kesan mewah didalamnya. Selain digunakan sebagai kartu nama, Aquarello juga sering dipake dalam pembuatan kartu undangan.

Nettuno

Nettuno dianggap sebagai kertas yang artistik karena memiliki tekstur seperti serat kayu.  Ia sangat bagus digunakan dalam pembuatan kartu nama dengan latar belakang yang berwarna gelap. Pembuatan kartu minimalis yang hanya terdiri atas tulisan dan logo perusahaan pun terlihat menawan. Sedikit permasalahan akan terjadi jika anda ingin membuat kartu nama dengan beragam warna, dimana kertas ini kurang begitu baik untuk digunakan mencetak grafik yang relatif komplek.

Splendorgel

Kertas ini memiliki permukaan yang halus, kaku, dan berwarna sangat putih. Oleh karena itu, kertas ini sangat bagus digunakan bagi anda yang ingin membuat kartu nama dengan beragam warna. Hasil cetakan di kertas ini akan terlihat terang dan jelas.

Translucent

Bagi anda yang ingin memiliki kartu nama yang unik dan berbeda dari yang lain, anda bisa menggunakan bahan ini. Kertas ini memiliki ketransparanan cukup jelas, sehingga anda bisa melihat bagian belakang kartu nama dari depan. Penggunaan kertas ini sangat cocok bagi anda yang masih muda dan ingin memiliki sesuatu yang berada di luar kaidah umum.

Itulah beberapa jenis kertas kartu nama yang bisa anda gunakan. Pastikan penggunaan kertas ini sudah sesuai dengan maksud dan tujuan anda. Misalnya saja bagi anda yang ingin membuat kartu nama untuk perusahaan, sebaiknya gunakan kertas linen atau aquarello. Sedangkan untuk kartu nama pribadi, anda bisa mengkreasikan lebih bebas sesuai dengan keinginan anda.

Selain pemilihan kertas, satu hal yang paling penting adalah memilih percetakan yang akan mencetak kartu nama anda. Pastikan percetakan yang anda pilih memiliki kapabilitas untuk membuat sebuah kartu nama yang berkualitas. Jika anda belum menentukan pilihan percetakan, mungkin anda bisa mencoba mencetak di tempat kami. Anda akan medapatkan kartu nama dengan kualitas baik dan harga bersaing.