PT Argo Tama Karya

Kartu Nama Anak SD dan Cara Membuatnya

Di Indonesia mungkin jarang sekali ada yang membuat kartu nama untuk anak SD. Padahal sebenarnya Kartu Nama Anak SD ini memiliki fungsi yang cukup penting. Salah satu fungsi kartu nama untuk anak sd ini tentu saja sebagai identitas diri anak. Sehingga pada saat terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, misalnya saja hilang saat di luar rumah maka orang yang menemukan sang anak dapat dengan mudah menghubungi orang tuanya.

Saya masih ingat bahwa ketika saya berjalan-jalan di sebuah mall di kota Bekasi, saya bertemu dengan seorang anak yang menangis karena terpisah dengan orang tuanya. Untungnya sang anak telah dilatih dengan baik oleh orang tuanya dan dibekali dengan kartu nama. Salah satu informasi yang tertulis di dalamnya adalah tentang nomer handphone orang tuanya sehingga begitu membacanya saya bisa menghubungi orang tuasi anak untuk mengantarkan anaknya kembali kepada mereka.

Apa Saja Yang Harus Tertulis di Kartu Nama Anak SD?

Seperti yang telah saya tuliskan diatas bahwa kartu nama anak SD berfungsi sebagai identitas sang anak dan bagaimana cara menghubungi orang tuanya jika terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan. Oleh karena itu, untuk membuat kartu nama ini dapat berfungsi sebagaimana mestinya, di dalam kartu nama ini harus tertulis beberapa informasi penting dan jelas. Informasi yang harus tertulis di dalam kartu nama ini diantarnaya :

  1. Nama anak
  2. Alamat orang tua
  3. Nomer telepon yang bisa dihubungi

Ketiga hal diatas merupakan beberapa hal wajib yang harus tertulis di dalam kartu nama tersebut. Masalah desain sebenarnya tidak perlu terlalu dipikirkan. Hanya saja dengan membuatnya memiliki desain atau tampilan yang menarik dapat membuat sang anak yang dibuatkan kartu nama ini menjadi bahagia. Desain ini dapat dilakukan dengan menambahkan foto, gambar kartun atau memberikan kombinasi warna yang meriah.

Dengan dibuatkan sebuah kartu nama yang memiliki desain yang menarik akan membuat sang anak mau membawa kartu nama ini kemanapun ia pergi (khususnya saat ke luar rumah). Terkadang jika desainnya terlalu sederhana, si anak akan merasa enggan untuk membawa kartu namanya saat berpergian. Apalagi seperti yang kita tahu, kebanyakan anak kecil moody dan jika sesuatu tidak memiliki tampilan yang menarik maka ia akan melupakannya.

Cara Membuat Desain Kartu Nama Anak

Ada banyak software yang bisa anda gunakan untuk mendesain kartu nama anak SD. Pada artkel ini saya akan mencoba membahas dengan menggunakan dua software yang sudah sangat populer bagi orang Indonesia yaitu Microsoft Word dan Corel Draw

Cara Membuat Kartu Nama dengan Microsoft Word

Microsoft Word merupakan sebuah software yang digunakan untuk menuliskan sesuatu. Walaupun software ini tidak difungsikan untuk mendesain, akan tetapi untuk membuat sebuah kartu nama anak yang elemen di dalamnya sederhana Microsoft Word juga dapat anda gunakan. Didalam software ini terdapat beberapa fitur yang dapat anda gunakan dalam membuat kartu nama. Selain itu, di dalamnya juga ada fasilitas template yang membuat anda bisa memilih design kartu nama yang telah tersedia di dalamnya dan tinggal sedikit mengedit beberapa hal saja.

Hal pertama yang perlu anda lakukan untuk membuat kartu nama anak menggunakan software ini adalah dengan mengklik file > New untuk membuat sebuah dokumen baru. Setelah itu, pilihlah template kartu nama yang sudah ada di dalam software ini dengan cara mengetik “business card” pada kolom pencarian. Di dalam software Microsoft Word telah tersedia berbagai macam template gratis yang bisa digunakan untuk membuat sebuah kartu nama sederhana.

Setelah anda menemukan template yang cocok, anda klik template tersebut. Kemudian, ubahlah elemen yang ada di dalamnya sesuai dengan pilihan yang anda sukai seperti masalah warna, gambar, front huruf dan tata letak. Pengubahan elemen ini tentunya harus tetap menomor satukan kemudahan orang lain dalam membaca informasi yang ada di dalam kartu nama anak SD tersebut.

Setelah itu anda perlu mengisi informasi apa saja yang ingin anda tampikan di dalamnya. Jika di dalam template yang anda pilih tadi telah ada gambar sementara, anda bisa mengubah gambar tersebut dengan foto anak anda atau gambar kartu yang disukai oleh sang anak. Ubah pula ukuran gambar tersebut sehingga terlihat pas dengan ruang yang tersisa, pastikan gambar tetap terlihat dengan baik setelah diganti ukurannya.

Periksa kembali desain kartu nama yang telah anda buah. Pastikan kartu nama tersebut tidak mengandung kesalahan penulisan, termasuk masalah nomer handphone yang bisa di hubungi karena itu merupakan sebuah informasi penting yang akan disampaikan kepada yang melihat kartu tersebut.

Cara Membuat kartu Nama dengan Corel Draw

ia merupakan software pengolah grafis paling populer saat ini. Jika anda sudah menginstal software ini di komputer, anda bisa langsung membukanya.

Setelah itu, hal pertama yang perlu dilakukan adalah dengan membuat sebuah obyek persegi panjang dengan ukuran sesuai dengan kartu nama yang anda ingin buat. Biasanya ukuran standar dari kartu nama adalah 9 x 5.5 cm, anda juga bisa membuatnya dengan ukuran lain atau malah bentuk yang berbeda.

Setelah itu di dalam obyek persegi panjang yang telah anda buat, anda bisa menuliskan nama anak anda dengan ukuran yang panjang sehingga dapat terbaca dengan jelas. Jangan lupa juga untuk menuliskan Alamat orang tua dan nomer telepon yang bisa dihubungi. Pastikan anda menata ketiga informasi ini dengan rapi dan dapat dibaca dengan mudah. Jangan menggunakan front yang tidak dapat terbaca dengan jelas, karena tujuan kita adalah memberikan sebuah informasi yang perlu kita berikan ke si pembaca.

Kemudian setelah semua informasi telah dituliskan maka anda bisa memasukkan gambar sebagai obyek untuk memperindah tampilan. Pemilihan warna juga perlu anda perhatikan dengan baik. Salah satu kenggulan dari Corel Draw adalah anda bisa menata obyek yang ada di dalamnya dengan lebih bebas.

Mencetak Kartu Nama Anak SD

Jika menurut anda semua telah baik maka anda bisa mencetak sendiri kartu nama dirumah dengan printer. Pastikan anda memilih kertas yang tebal dan berkualitas baik, beberapa orang menyukai kertas dengan tekstur mengkilap (glossy).

Selain bisa mencetak sendiri dirumah, anda juga bisa membawa desain yang telah anda buat tadi ke percetakan. Petugas yang ada di percetakan akan mengecek terlebih dahulu desain yang anda buat, apakah telah sesuai dan dapat dicetak. Anda juga bisa meminta petugas percetakan untuk merubah beberapa hal yang menurut anda masih kurang pas. Bahkan sebenarnya anda juga bisa memintanya untuk mendesain Kartu Nama Anak SD dari awal, biasanya petugas percetakan akan membuatnya secara profesional dan cepat.

Jika anda belum menentukan percetakan mana yang dijadikan tempat membuat kartu nama ini, anda bisa memilih jasa yang kami berikan. Kami akan berusaha membuat kartu nama terbaik sesuai dengan kebutuhan anda dengan harga yang relatif lebih murah.