PT Argo Tama Karya

Kartu Nama Bayi Sebagai Ungkapan Kebahagiaan Orang Tua

Kartu nama bayi ini maksudnya adalah sebuah kartu ungkapan kegembiran atas kelahiran bayi atau pada saat di aqiqahkan. Kelahiran bayi memang selalu disambut dengan suka cita, oleh karena itu orang tua membuat sebuah kartu nama bayi untuk mengabari kabar gembira ini kepada keluarga, teman dan tetangga kita.

Kartu nama bayi diberikan kepada tetangga bersamaan dengan ater-ater atau makanan yang diberikan sebagai ungkapan syukur kepada Tuhan yang maha esa atas kelahiran bayi tersebut. Memberi kartu nama beserta ater-ater ini menjadi salah satu cara yang dilakukan orang tua untuk menyampaikan rasa bahagianya.

Isi Kartu Nama Bayi

Sebagai ungkapan rasa kebahagiaan, isi kartu nama bayi tentunya harus diisi rasa ucapan syukur kepada tuhan yang maha esa. Ungkapan rasa syukur ini bisa ditulis menggunakan bahasa Indonesia ataupun dalam bahasa arab. Selain ungkapan rasa syukur, anda perlu mendoakan agar bayi yang baru lahir tersebut mendapatkan kesuksesan di dunia dan akhirat.

Anda juga tidak boleh melupakan untuk menuliskan nama anak dan orang tuanya. Selain itu, tanggal lahir biasanya juga di tuliskan di dalam kartu nama bayi ini. Memasukkan foto bayi yang baru lahir juga boleh dilakukan, walaupun bukan merupakan hal yang wajib. Masalah design kartu ini boleh dilakukan secara sederhana ataupun dengan background yang beraneka ragam warna. Hanya saja dengan membuatnya berwarna semarak, biasanya kartu nama akan memiliki kemungkinan lebih besar untuk dibaca penerimanya. Membuatnya secara terlalu sederhana akan menyebabkan sang penerima malas untuk membacanya.

Membuat Kartu Nama Bayi Menggunakkan Microsoft Word

Microsoft Word merupakan sebuah software untuk menulis yang bisa dimanfaatkan di dalam pembuatan kartu nama bayi. Dengan menggunakan software ini, akan membuat orang tua dengan mudah membuat sebuah kartu ucapan tersebut dalam jumlah banyak dan mencetaknya. Cara membuat kartu nama bayi sebagai ucapan kelahiran bayi ini dapat dibuat dengan sangat mudah. Berikut akan saya rangkut tahapan pembuatannya.

Menulis Ungkapan Kebahagiaan

Hal pertama yang perlu anda lakukan ada untuk menulis ungkapan kebahagiaan atas kelahiran bayi. Salah satu contoh ungkapan kebahagiaan ini adalah berikut ini :

“Alhamdulilahirobbil aalamin, Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah Swt. Karena berkat ramhatnya telah lahir putra/putri kami yang beranama (nama anak). Semoga anak kami ini dapat menjadi pribadi yang soleh/solehah dan bertaqwa kepada Allah Swt dan orang tuanya serta berguna bagi Agama Islam, Aamin.”

Anda bisa menuliskan ungkapan kebagahiaan lain sesuai dengan keinginan anda. Yang terpenting adalah ucapan ini memberitakan kabar gembira, menuliskan ucapan syukur dan berisi doa harapan.

Memanfaatkan Template Yang Ada

Di dalam Microsoft Word telah disediakan ribuan template yang bisa anda gunakan untuk mempermudah di dalam membuat kartu nama bayi ini. Untuk menggunakannya, anda cukup mengklik di bagian file > New > Available Template. Setelah itu pilihlah template yang tersedia disana.

Untuk menggunakan template ini, komputer anda harus tersambung dengan internet karena template ini disimpan secara online oleh Microsoft. Untuk memilih template yang digunakan untuk kartu nama, masuklah ke bagian card. disana akan tersedia beragam template untuk membuat kartu ucapan dan kartu nama. Setelah menemukan template yang sesuai selera anda, download template tersebut. Barulah setelah proses download selesai, template yang kamu pilih akan muncul di lembar kerjamu.

Mengedit Template

Setelah membuka template yang telah kamu pilih tadi, pekerjaan berikutnya yang perlu anda lakukan adalah dengan memasukkan tulisan yang telah anda tulis tadi. Biasanya di dalam template ini telah disediakan sebuah text box sebagai tempat untuk menuliskan tulisan. Silahkan copy ucapan yang telah anda tulis sebelumnya dan paste ke bagian texb box ini. Jika di dalam template ini belum tersedia text box, anda perlu memasukkannya secara manual dengan cara mengklik Insert > Text > Text box.

Agar bagian shape text box terlihat transparan, anda bisa pergi ke bagian format dan memilih no fill di bagian shape stylenya. Anda juga bisa mengatur posisi dan ukuran tulisan ini sesuai dengan keinginan anda.

Selain memasukkan tulisan, anda juga bisa memasukkan foto atau gambar lainnya ke kartu ucapan yang anda buat. Caranya denan mengklik insert > Picture dan kemudian pilih foto atau gambar yang diinginkan. Memasukkan foto bayi yang baru lahir merupakan sebuah hal yang bisa anda pilihkan.

Mendesain Sendiri Kartu Nama Bayi

Selain menggunakan template yang sudah didesain oleh tim Microsoft, anda juga bisa mendesain sendiri kartu ucapan anda dari awal. Hal pertama yang perlu lakukan adalah dengan membuka lembar kerja kosong. Setelah itu anda tinggal memasukkan elemen-elemen yang ingin anda tampilan di kartu anda dengan memanfaatkan fungsi insert yang ada di software ini.

Untuk membuat sebuah garis dan bidang, anda tinggal masuk ke bagian Insert > Shapes. Setelah itu pilih bentuk bidang kartu ucapan anda, untuk membuat kartu ucapan berbentuk kotak pilih bentuk rectangle. Setelah membuat bidang anda bisa mengatur ukuran bidang dan warnanya. Cara pengaturan ukuran dan warna ini dilakukan di bagian format. Untuk menentukan ukuran kartu ucapan bayi anda pilihlah di bagian size yang berada di kanan atas. Untuk masalah warna, anda bisa mengaturnya pada bagian shape style.

Setelah mengatur masalah warna dan ukuran bidang tersebut, anda bisa memasukkan elemen-elemen lainnya misalnya dengan memasukkan text box, foto ataupun elemen lainnya. Pilihlah jenis font dan ukuran text yang sesuai, sehingga tulisan bisa terbaca dengan jelas. Cara memasukkan elemen-elemen ini sama dengan yang cara masukkan elemen yang menggunakan template.

Menyimpan dan mencetak

Setelah memastikan isi kartu nama bayi anda telah terisi dengan benar, anda bisa menyimpan hasil kerjanya dalam format doc ataupun pdf. Saya sarankan menyimpannya dalam bentuk doc karena dengan begitu jika dikemudian hari anda ingin mengeditnya, masih bisa dilakukan. Cara menyimpan file ini dapat dilakukan dengan mengklik bagian save as dan memasukan format file dan nama filenya.

Setelah file berhasil tersimpan, anda bisa membawanya ke percetakan untuk dicetak. Anda sebenarnya bisa mencetak sendiri menggunakan printer yang anda punya. Hanya saja dari segi biaya biasanya mencetak di percetakan jauh lebih murah daripada mencetak sendiri dirumah.

Itulah sedikit tentang kartu nama bayi dan cara membuatnya. Selain membuat sendiri design kartu ini, anda juga bisa meminta petugas percetakan untuk membuatkan design dan anda tinggal menunggu sang petugas untuk mengerjakannya untuk anda. Petugas percetakan biasanya dapat membuat sebuah design kartu ucapan bayi ini dengan profesional dan cepat. Biaya yang dikeluarkan untuk meminta petugas percetakan untuk membuatkan design untuk anda ini biasanya juga tidak terlalu mahal.