PT Argo Tama Karya

Macam-macam Mesin Offset Printing

Setelah mengetahui apa itu mesin offset printing dan juga komponen-komponennya anda juga perlu tahu macam-macam mesin offset printing yang akan kami bahas sekarang, jadi jangan lupa disimak baik-baik yaa!!
Mesin offset printing memiliki beberapa macam, hal ini sangat berguna karena anda jadi dapat memilih mesin ini sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Tentunya dengan berbagai variasi membuat mesin offset ini memiliki spesifikasi yang berbeda-beda pada tiap jenisnya. Jika dilihat
dari bentuk dan kemampuannya, mesin offset printing dibedakan menjadi tiga macam.

Dengan kemampuan mencetak dalam jumlah banyak dan berbagai ukuran, itulah yang dapat menjadi alasan mesin offset printing banyak diminati saat ini. Ditambah lagi dengan berbagai keunggulan lainnya, jadi wajar saja jenis mesin cetak ini dipilih oleh banyak orang. Seperti yang kita bahas tadi mesin offset printing memiliki spesifikasi berbeda pada tiap jenis atau macamnya. Berikut beberapa macam mesin offset printing.

  1. Mesin Offset Kecil
    Mesin offset kecil adalah jenis mesin offset dengan ukuran fisik yang paling kecil dibandingkan dengan jenis mesin offset yang lainnya. Mesin offset kecil juga sering disebut dengan mini offset karena ukurannya yang memang tergolong paling kecil. Ukuran mesin offset kecil ini kurang lebih sedikit lebih besar dari mesin stensil.  Kemampuan dari mesin offset kecil ini mampu mencetak desain dengan ukuran maksimal A3 atau 297 x 420 mm. Jenis mesin offset ini cocok untuk anda yang memiliki usaha atau industri percetakan rumahan dalam skala yang tidak terlalu besar.
  2. Mesin Offset Sedang
    Jenis mesin cetak yang kedua adalah mesin offset sedang. Mesin offset sedang memiliki ukuran yang lumayan besar dan seringkali disimpan di lantai tanpa ditopang oleh meja karena ukuran mesin ini yang sudah cukup besar. Mesin offset sedang memiliki kemampuan untuk mencetak berbagai jenis dokumen dengan ukuran maksimal yaitu ukuran kertas double folio. Mesin offset sedang biasanya juga digunakan untuk industri rumahan. Selain itu mesin ini juga digunakan untuk industri percetakan seperti usaha percetakan banner ataupun undangan.
  3. Mesin Offset Besar
    Jenis mesin offset yang terakhir yaitu mesin offset besar. Sesuai namanya mesin ini adalah jenis mesin offset dengan ukuran yang paling besar. Dari ketiga macam mesin offset ya mesin offset besar lah yang memliki spesifikasi yang paling tinggi. Selain mampu mencetak desain dengan kualitas terbaik tetapi mesin offset besar ini dapat mencetak desain dengan ukuran maksimal ukuran A0 atau 1189 x 841 mm. 

Baca Juga : Definisi Mesin Printing Offset

Sudah jelas memang jenis mesin ini memiliki spesifikasi yang paling tinggi tetapi harga dari mesin ini memang lebih mahal dengan jenis mesin offset yang lainnya. Oleh karena itu biasanya mesin ini digunakan dalam industri atau usaha percetakan dalam skala yang besar. Selain itu jenis mesin offset ini cocok untuk industri yang membutuhkan hasil cetak dalam jumlah banyak dengan waktu yang relatif singkat. 

Nah itulah beberapa macam mesin offset printing atau cetak offset. Seperti yang kita tahu mesin cetak offset tergolong lebih unggul dibandingan dengan printer. Mulai dari hasil cetak dan kwalitas warnanya yang lebih tahan lama. Kemudian harga dengan kwantitas yang banyak akan jauh lebih murah jika dibandingkan dengan digital print. Selain itu dapat mencetak dengan berbagai bidang kertas sampai dengan kertas bermotif seperti kertas recycle, Samson bahkan kertas yang relatif tipis seperti dorslag.

Post a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *