PT Argo Tama Karya

Membuat Kartu Nama Anak TK yang Menarik

Kartu Nama Anak TK biasanya berfungsi sebagai tanda pengenal seorang anak, sehingga ketika anak tersebut terpisah dari orang tuanya saat di luar rumah maka orang yang menemukannya akan dapat dengan mudah untuk menghubungi orang tua yang bersangkutan. Karena itu di dalam kartu nama anak TK ini yang dicantumkan adalah informasi kontak orang tua. Kartu nama juga bisa digunakan untuk melabeli barang-barang yang dimiliki anak anda, seperti buku sekolah, tas ataupun tempat pensil sehingga tidak tertukar dengan teman sekelasnya.

Pemilihan design yang menarik dan lucu juga perlu untuk diperhatikan karena akan membuat anak tertarik untuk membawanya kemana-mana. Anda bisa membuat design sendiri dengan beberapa aplikasi yang tersedia baik secara offline ataupun online. Bisa juga dengan cara meminta pihak percetakan untuk membuat sebuah design yang menarik, biasanya pihak percetakan sudah mengerti bahwa kartu nama yang dibuat untuk digunakan oleh anak kecil sehingga akan menggunakan design yang lucu.

Unsur Yang Harus Ada Di dalam Kartu Nama Anak TK

Karena fungsinya sebagai alat pengenalan diri anak dan bagaimana cara menghubungi orang tuanya maka di dalam kartu nama TK haruslah tertulis nama anak dan informasi kontak orang tua berupa nomor handphone. Walaupun sifatnya tidak wajib, anda juga boleh mencantumkan alamat di dalam kartu nama ini. Pastikan ukuran tulisan yang tertulis didalam kartu nama ini cukup besar sehingga dapat terbaca dengan jelas.

Satu hal yang justru yang tidak kalah penting adalah membuat design kartu nama terlihat menarik dan lucu sehingga dapat menyenangkan si anak. Pemilihan gambar dan warna perlu diperhatikan dengan baik, anda juga bisa meminta pertimbangan si anak mengenai gambar kesukaannya yang akan ditampilkan di dalam kartu nama yang dimilikinya. Jikalau membuat kartu nama anak TK yang kurang menarik, biasanya si anak tidak mau untuk membawanya.

Design Kartu Nama Anak TK

Walaupun namanya kartu nama anak TK tetapi dalam pembuatannya anda tidak harus membuatnya dari bahan kertas. Anda bisa membuatnya dalam bentuk stiker sehingga bisa ditempelkan pada tas sekolah, buku pelajaran, tempat pensil atau benda lainnya yang sering dibawa oleh anak.

Buatlah, kartu anak tersebut dengan design yang lucu dan unik lebih disukai. Anda bisa membuatnya dengan tampilan berbentuk label yang dilengkapi dengan gambar tokoh kartu kesayangan sang anak, misalnya gambar barbie, doraemon, spongebobs ataupun tokoh kartun lainnya.

Anda juga bisa menyisipkan foto anak anda ataupun foto lainnya di dalam kartu nama ini, misalnya saja hasil lukisan anak anda. Tentunya kartu nama tersebut akan terlihat unik dan tidak ada yang menyamai. Hal ini bisa menjadi sebuah kebanggaan tersendiri bagi anda anda di depan teman-temannya.

Cara Membuat Kartu Nama

Saat ini aplikasi yang bisa digunakan untuk membuat sebuah kartu nama ada sangat banyak jumlahnya. Kita bisa menggunakan aplikasi offline seperti Microsoft Word dan Corel Draw ataupun menggunakan aplikasi online yang tersedia di internet seperti Canva. Pada artikel ini saya akan membahas tentang cara membuat kartu nama anak TK di beberapa aplikasi yang bisa anda gnakan.

Cara Membuat Kartu Nama Menggunakan Canva

Canva merupakan sebuah aplikasi online yang biasa digunakan untuk mengedit gambar. Anda bisa membuat kartu nama dengan aplikasi ini dari awal atau cukup menggunakan template yang telah ada di dalamnya, sehinga tinggal sedikit mengeditnya. Setelah itu anda tinggal menambahkan beberapa unsur tambahan seperti foto, gambar ataupun teks. Setelah selesai anda bisa mendownload hasilnya dan mencetaknya di percetakan.

Membuat kartu nama menggunakan canva sangatlah mudah dan tidak menguras waktu. Secara singkat langkah-langkah yang harus anda lakukan adalah sebagai berikut :

  1. Buka website canva dan pilihlah template kartu nama
  2. Pilih beberapa elemen yang ingin anda gunakan dan tersedia di dalam aplikasi ini seperti ikon, logo, bingkai dan lainnya.
  3. Upload gambar yang anda miliki untuk mempercantik tampilan kartu nama, anda juga bisa memilih gambar yang suda ada di canva.
  4. Rapikan posisi design kartu nama anda.
  5. Download design kartu nama yang telah anda buat.

Kelebihan dari membuat kartu nama menggunakan canva adalah adanya pilihan beragam design template yang tersedia di dalamnya. Akan tetapi anda perlu membeli akun premium agar bisa menikmati fitur lengkap dari aplikasi ini.

Cara Membuat Kartu Nama Menggunakan Microsoft Word

Microsoft Word sebenarnya merupakan sebuah software yang digunakan untuk menulis. Akan tetapi ia juga dapat digunakan untuk membuat kartu nama dengan elemen sederhana. Beberapa tahapan dalam membuat kartu nama menggunakan Microsoft Word adaah sebagai berikut :

  1. Setelah anda membuat Microsoft Word, pada bagian Tools, pilihlah Letters and Mailings dan klik Envelopes and Labels.
  2. Setelah itu akan tampil template sederhana sebuah kartu nama. Masukkan informasi yang anda inginkan didalamnya seperti nama, alamat dan informasi kontak.
  3. Atur tata letak kartu nama yang anda buat, misalnya masalah font hutuf dan posisi elemen yang ada di dalamnya.
  4. Setelah selesai mengedit tata letak designnya, silahkan cek lagi informasi yang tertulis disana apakah ada yang salah ketik atau tidak.
  5. Gunakan pilihan default yang terletak di bagian Print: Full page of the same label. Dengan pilihan ini, anda akan mencetak beberapa kartu nama sekaligus dalam satu lembar kertas yang anda gunakan.
  6. Jika anda ingin langsung mencetaknya menggunakan printer yang tersedia, klik option di bagian printer information. Setelah itu pilihlah jenis printer yang anda miliki, sedangkan pada bagian label productnya gunakan settiangan default yang telah ada (Avery Standard).
  7. Setelah itu anda bisa mengklik print untuk mencetaknya menggunakan printer anda.
  8. Anda juga bisa menyimpan hasil design kartu nama anda dengan cara mengklik save as yang kemudian bisa anda cetak ketika anda membutuhkannya.
  9. Jika anda tidak mempunyai printer di rumah, bawalah hasil design kartu nama anda ke percetakan untuk diproses secara fisik.

Membuat kartu nama menggunakan Microsoft Word hanya bisa dilakukan bagi anda yang ingin membuat dengan tampilan sederhana. Karena aplikasi ini memang fungsinya bukan untuk design grafis, terdapat banyak sekali keterbatasan yang akan anda temukan ketika anda menggunakannya untuk membuat sebuah kartu nama.

Dalam membuat design Kartu Nama Anak TK, anda juga harus memperhatikan resolusi gambarnya. Akan menjadi tidak maksimal jikalau resolusi design kartu nama yang anda buat adalah kecil. Hal itu dikarenakan jika resolusinya kecil, ketika dicetak menjadi kartu nama maka hasilnya akan buram. Oleh karena itu, pastikan bahwa resolusi design yang anda buat telah sesuai dengan kebutuhan pencetakan kartu nama. Biasanya pihak percetakan juga akan mengecek terlebih dahulu masalah resolusi ini sebelum memulai proses cetak.