PT Argo Tama Karya

Mesin Digital Printing Terbaik di Indonesia

Berbicara tentang dunia mesin digital printing banyak perusahaan besar mengepakan market share nya di Indonesia. Ada beberapa pabrika besar yang menjual product meein digital printing dengan harga yang murah dan dengan feature yang optimal untuk kebutuhan cetak digital.

Untuk memcari produsen mesin cetak atau machine make, kamu bisa menemukan di dalam pameran digital printing yang biasa di selenggarakan di JI Expo Kemayoran Jakarta, para produsen menempati both paling besar dan terdepan dalam pameran tersebut dengan tujuan bisa memamerkan secara luar. Lalu mesin digital printing terbaik apa saja yang bisa kamu jadikan acuan dalam memilih atau membeli mesin digital printing saat ini. Mari kita ulas satu persatu dibawah artikel ini.

1. Fuji Xerox

Fuji Xerox adalah perusahaan patungan antara perusahaan fotografi dari Jepang Fuji Photo Film Co. (75 persen saham) dan perusahaan manajemen dokumen dari Xerox Amerika Serikat. Perusahaan ini didirikan untuk mengembangkan, memproduksi, dan menjual xerographic dan produk-jasa terkait dokumen di wilayah Asia Pasifik.

Di Indonesia sendiri untuk produk-produk Fuji Xerox hanya bisa kamu beli secara resmi melalui PT. Astra Graphia, Tbk. Produk unggulan mereka adalah mesin Xerox C1000, C1000i, C800 dan 800i dimana untuk mesin-mesin tersebut selain memiliki kapasitas produksi yang cepat hingga 100 ppm (pages per minute) juga sudah support untuk teknologi Clear Dry Ink (Spot UV) dan tinta gold serta silver.

Dalam hal pangsa pasar, menurut Analisa pasar saya, Fuji Xerox lebih menarget kalangan menengah keatas, hal ini bisa dilihat dari harga cetak menggunakan mesin Fuji Xerox lebih mahal dibanding produsen mesin yang lain. Namun secara kualitas tidak perlu diragukan lagi terutama untuk Anda dari kalangan fotography, desainer atau perusahaan yang memerlukan hasil print lebih detail dan warna sesuai standar perusahaan.

2. Canon

Lebih dikenal sebagai mesin fotocopy. Perusahaan ini didirikan pada 1933 dengan nama 精機光学研究所 (Seiki-kougaku-kenkyuujo atau Laboratorium Peralatan Optik Presisi) oleh Yoshida Goro dan adik iparnya Uchida Saburo dan didanai oleh Takeshi Mitarai, teman dekat Uchida. Tujuan awalnya adalah untuk mengadakan riset dalam pengembangan kamera berkualitas. Pada Juni 1934 mereka mengeluarkan kamera pertamanya, Kwanon, dinamakan atas Dewi welas asih Buddha. Pada tahun berikutnya perusahaan ini mengubah namanya menjadi Canon karena dilihat lebih modern daripada nama sebelumnya.

Canon Pixma adalah mesin pencetak berwarna keluaran perusahaan Canon yang dikhususkan untuk kecepatan. Seri-seri baru mesin pencetak Canon hampir rata-rata sekarang ini adalah seri Pixma. Pertama kali keluar pada tahun 2002 dan berkembang cepat pada tahun 2003. Canon Pixma sudah tidak menggunakan lagi jenis tinta seri BC, tetapi sudah menggunakan jenis tinta Canon generasi baru seperti Cli, Bci, dan sebagainya. Terdapat tiga jenis penamaan seri Canon Pixma, yaitu iP dan yang diikuti 4 digit angka dikhususkan untuk kertas ukuran A4, iP yang diikuti 2 digit angka dikhususkan untuk mobile printer/ukuran kertas maksimal R4 dan iX yang dikhususkan untuk kertas ukuran A3.

3. Konica Minolta

Konica Minolta Holdings Inc. (コニカミノルタホールディングス, Konika Minoruta Hōrudingusu) merupakan perusahaan fotokopi, mesin fax, laser printer, peralatan medis grafik, komponen penglihatan dan sensing meter didirikan setelah bergabung dengan Konica dan Minolta pada 7 Januari 2003. di Indonesia sendiri Konica Minolta populer lewat produk printer digitalnya dengan type Bizhub nya.

Distributor untuk mesin Konica Minolta (KM) di Indonesia PT Perdana Jatiputra, KM sendiri menurut pendapat saya lebih menyasar kalangan menengah kebawah, hal ini bisa dilihat dari banyaknya mesin-mesin produksi KM yang bisa kita temui di percetakan-percetakan pinggir jalan dimana harga jual mereka yang cukup murah mulai dari Rp 2,500 per lembar A3. Namun sebagai smart buyer teman-teman juga harus bisa membandingkan bahwa dengan harga segitu mesin yang mereka gunakan adalah mesin DOCU, mesin yang biasa digunakan untuk keperluan kantor untuk mencetak dokumen. Jadi jangan berharap untuk mendapatkan komposisi warna yang sesuai kriteria dengan teknologi mesin yang digunakan.

Selain mesin-mesin murah yang mereka produksi, Konica Minolta juga memiliki mesin produksi dengan teknologi yang mempuni yaitu generasi Bizhub seperti Bizhub Press C71HC, Bizhub Press c1070_c1060.

Demikian ulasan mesin digital printing terbaik tahun 2020 yang bisa kamu jadikan refrensi sebelum membeli unit mesin digital printing. Semoga review ini dapat membantu dan membesarkan usaha bisnis kamu semua nya.