PT Argo Tama Karya

Pengertian Digital Printing Untuk Percetakan

Pengertian Digital Printing ini mungkin tidak banyak diketahui pada masyarakat awam walaupun pada dasarnya masyarakat telah banyak yang memakai layanan percetakan digital. Bila Mendengar istilah digital tentu yang langsung terpikir dibenah kita adalah hal-hal yang berhubungan dengan teknologi. Yang mana teknologi itu dipakai dalam dunia percetakan sampai akhirnya sudah menjadi bisnis yang amat membantu promosi serta perlengkapan di berbagai bidang usaha dan industri.

Pengertian Digital Printing Untuk Percetakan

Mengenal Pengertian Digital Printing Untuk Percetakan

Apa sih digital printing itu ? Tidak cuma bisa memakai layanan jasanya aja ada baiknya kamu juga tahu lebih jelas tentang pengertian digital printing sebagai penambah wawasan kamu. Digital Printing itu adalah cara di percetakan modern yang menyangkut teknik digital untuk media transfer dari media materi ke media percetakan. Dengan lebih familiar nya pengertian digital printing bisa disimpulkan dengan proses cetak suatu gambar yang telah didesain lalu menuju ke material ataupun media fisik.

Dengan datang nya teknologi yang baru dalam dunia percetakan  tentunya akan membawa sisi positif pada beberapa tugas percetakan. Yang mana usaha jasa percetakan sekarang ini dapat melakukan teknik percetakan dengan lebih profesional yang memakai printer laser atau juga dengan inkjet. Tentu hasil yang didapat akan lebih cepat, lebih terjangkau, dan hemat waktu tentunya. Tak heran bila kini sudah hampir semua di dunia percetakan mulai memakai digital printing untuk mengerjakan pesanan dari para pembeli atau konsumen.

Sebenarnya jika dilihat dari pengertian digital printing itu sendiri telah berkembang semenjak tahun 1990an dan menjadikan mesin dari digital printing semakin berkembang sampai saat ini. Perkembangan zaman pun membuat digital printing dapat dipakai untuk mencetak media yang berbahan semi plastik yang dipakai untuk luar ruangan contohnya baner, spanduk, baliho dan lain lain nya. Perkembangan dari dunia digital printing itu sendiri memberikan banyak keuntungan untuk para pengusaha dikarekan media untuk promosi bisa dibikin semenarik dan secantik mungkin dengan biaya yang terjangkau dan bersahabat.

Digital Printing Untuk Percetakan

Kelebihan Dan Kekurangan Digital Printing

Tentunya setiap macam mesin mempunyai kelebihan serta kekurangan nya juga. Apa saja kekurangan dan kelebihan percetakan digital? Ini penjelasannya

Kelebihan Mesin Digital Printing

Karena mesin digital bisa diatur memakai komputer, maka proses pengerjaan nya akan jauh lebih cepat. Jumlah nya pun yang akan dicetak dapat diatur menggunakan  software mesin digital agar pelanggan dapat mencetak sesuai dari kebutuhan nya. Kelebihan lain nya, Mesin cetak digital bisa mencetak 1 lembar dahulu untuk proses proofing atau juga sebagai contoh agar tidak ada kesalahan sebelum mencetak masal.

Mesin dari digital printing ini tidak harus menggunakan tenaga ahli yang mempuni dan berpengalaman, dalam mengerjakan nya. Tentu memudahkan pengusaha percetakan agar tidak tergantung pada keahlian operator printing. Namun karena mudahnya untuk pengoprasian mesin digital, maka banyak pengusaha yang awam sudah membuka dalam usaha percetakan digital. Mesin dari Cetak digital bisa mencetak bahan yang hampir sama dengan mesin cetak offset, maka banyak pengusaha yang akan lebih memilih investasi di mesin percetakan digital.

Percetakan Digital Printing

Kekurangan Mesin Digital Printing

Bila menghitung dari modal cetak, maka biaya untuk memproduksi menggunakan mesin digital akan lebih tinggi jika dibandingkan dengan percetakan sablon atau offset. Kekurangan lain nya, karena Mudahnya dalam mengoperasikan mesin digital maka banyak pengusaha yang membuka usaha yang sama, sehingga persaingan pasar menjadi semakin ketat. Dan karena Harga jual kembali yang sangat kecil membuat mesin ini kurang diminati untuk sebagian pengusaha yang bergerak di bidang percetakan. Kekurangan selanjutnya maintenance nya yang lebih bila dibandingkan dengan cetak offset. Terakhir, Cepatnya mesin cetak digital berkembang membuat orang cukup kesulitan dalam mengejar omset agar balik modal.

Macam-macam Digital Printing yang Dikenal

Jika membahas pengertian digital printing tidak lengkap jika tidak membahas tentang macam macam digital printing. Perlu kamu ketahui bila jenis digital printing yang sekarang sudah ada ini dibagi dengan beberapa jenis yang sesuai dengan jenis mesin yang akan digunakan. Berikut ini kami akan menginformasikan tentang jenis digital printing yang dapat menambah wawasan kamu.

Pengertian Digital Printing

  1. Inkjet Printer

Inkjet printer adalah printer yang sangat sering kita jumpai di rumah atau di kantor. Printer ini sering dipakai untuk keperluan bisnis dalam percetakan. Usaha Foto kopi sebagai contohnya, sebuah usaha yang paling sering menggunakan printer dengan berjenis ini. Selain itu, printer ini juga banyak dipakai untuk binis UMKM sebagai membuat souvenir contohnya Mug, cetak foto, undangan Pernikahan, dan lainnya.

  1. Mesin plotter atau Plotter Machine

Adalah jenis mesin digital printing yang dipakai utuk mencetak suatu media yang lebar. Mesin ini ada dalam bermacam merek serta ukuran 1.5 meter, 3.2 meter hingga dengan 5 meter yang dapat dipakai untuk mencetak bermacam macam media promosi. Serta jenis tinta yang dipakai juga bermacam macam mulai dari jenis tinta Dye atau Pigmen, ecosolvent, Solvent, dan UV. Masing-masing dari tinta itu mempunyai kekhasan masing-masing yang dapat dipilih sesuai dengan keperluan kamu.

  1. Digital Offset

Mesin dari digital printing yang ini busa menghasilkan cetakan yang ukuran A4 hingga A0. Kadang mesin ini dipakai untuk mencetak peta, cetak kalkir, buku dan lain sejenis nya. Mesin ini bisa bekerja dengan cepat untuk mengeluarkan cetakan sesuai dengan rancangan atau desain yang diinginkan.

  1. Flatbed Printing

Macam macam Digital printing ini di spesialkan untuk mencetak di media yang tebal seperti kayu, keramik, kaca biasa dan kaca akrilik. Dengan memakai teknologi dari tinta UV, makan mencetak dengan memakai printer Flatbed dapat langsung kering dengan sekejap dan gambar dapat bertahan untuk jangka waktu yang lama.

Digital Printing

  1. 3D Printing

Jenis printing ini Mulai dikenalkan di Indonesia sejak tahun 2013, meskipun baru, tapi 3D printing telah menjadi sebuah teknologi yang baru dengan aplikasinya banyak dipakai diberbagai perusahaan. Mesin cetak ini memakai bahan photopolymer serta bisa menghasilkan objek tiga dimensi yang cocok dengan kemauan konsumen. Jenis digital printing ini sekarang memang belum banyak yang meminati nya, dikarenakan dari kebutuhan dari pasar masih sedikit. Mungkin saja, jika banyak yang meminati dan membutuhkan nya, 3D printing ini akan menjadi primadona di dunia percetakan.

  1. Sablon Digital

Teknik cetak digital dengan sablon ini masih tergolong teknik baru di dunia percetakan, namun sangatlah terkenal. Karena biaya oprasional nya yang cenderung murah serta bersahabat. Mesin ini bisa mencetak dengan langsung diatas permukaan media seperti kain atau katun, dan polyester. Tipe printer yang satu ini memakai tinta Neo Pigmen Kornit yang dapat menghasilkan kualitas cetak sempurna.

Bagi kamu yang sering bekerja atau memang membutuhkan digital printing  untuk sehari hari, sebaiknya kamu mesti tau pengertian digital printing sampai jenis-jenisnya. Karena dengan begitu, wawasan kamu akan bertambah dan memudahkan kamu dalam pemilihan media cetak yang cocok untuk promosi kamu.