PT Argo Tama Karya

Ukuran Kartu Nama Standar yang Biasa Digunakan

Ukuran Kartu Nama merupakan salah satu faktor yang perlu anda perhatikan. Tentu sangat tidak elok, jika kartu nama yang anda punya ukurannya terlalu besar atau kecil sehingga tidak nyaman ketika disimpan. Oleh karena itu biasanya setiap negara memiliki sebuah ukuran standar yang menjadi patokan. Membuat kartu nama yang berada di luar ukuran standar sebenarnya tidak menjadi suatu masalah yang besar, yang penting perbedannya tidak terlalu jauh.

Fungsi Kartu Nama

Pembuatan kartu nama pada era digital seperti saat ini jangan dianggap remeh. Kartu nama masih berfungsi sangat baik untuk memperkenalkan bisnis yang anda jalankan. Selain sebagai alat promosi, kartu nama juga dapat dijadikan ajang personal branding. Hal itu dikarenakan, dengan mempunyai kartu nama yang baik anda akan terlihat lebih profesional dibandingkan dengan orang yang hanya memberikan nomer telepon atau handphonenya saja.

Ukuran Standar Kartu Nama

Mengenai ukuran ini setiap negara memiliki standar tersendiri dan antar negara bisa saja memiliki ukuran standar yang berbeda. Sebagai contoh ukuran kartu nama yang digunakan di Indonesia dan Jepang berbeda. Berikut ini beberapa ukuran standar sebuah kartu nama dan negara yang menggunakannya.

  1. 90 mm x 54 mm
    Negara yang menggunakan ukuran ini biasanya yang memiliki banyak etnis tiongkok di dalamnya seperti Cina, Singapura, Malaysia, Hongkong dan Taiwan.
  2. 85 mm x 54 mm
    Ukuran ini menjadi sebuah standar di mayoritas negara eropa seperti Jerman, Inggris dan Spanyol.
  3. 90 mm x 55 mm
    Ukuran ini menjadi standar di negara Australia, Selandia Baru, Papua New Guenea, New Zealand, India, Vietnam dan Colombia.
  4. 91 mm x 55 mm
    Ukuran ini yang digunakan di negara Jepang
  5. 89 mm x 51 mm
    Ukuran ini menjadi standar yang digunakan oleh negara-negara di benua Amerika bagian utara seperti Amerika Serikat, Kanada dan Meksiko.
  6. 90 mm x 50 mm
    Negara-negara eropa timur dan pecahan Uni Soviet seperti Rusia, Hungaria, Ukraina dan Republik Ceko menggunakan ukuran standar ini.

Biasanya ketika anda ingin mencetak kartu nama di sebuah percetakan maka petugas disana akan menanyakan berapa ukuran kartu nama yang ingin anda gunakan. Kita bisa menentukan sendiri kira-kira berapa ukuran yang cocok untuk keperluan kita. Memiliki sebuah kartu nama yang tidak sesuai ukuran standar sebenarnya bukanlah sebuah masalah, yang penting kartu nama kita itu tidak terlalu besar ataupun kecil.

Jenis dan Berat Jenis Kertas Yang Digunakan

Selain masalah ukuran, jenis kertas dan berat jenisnya juga perlu kita perhatikan. Masalah kertas ini juga sangat berpengaruh terhadap biaya, semakin bagus jenis kertas yang kita pilih maka tentu akan semakin mahal biaya yang perlu kita keluarkan. Pemilihan kertas yang terlalu bagus dan tebal juga terkadang juga kurang elok, karena kertas yang terlalu tebal akan membuatnya tidak nyaman ketika ditaruh di saku.

Berikut ini beberapa jenis kertas dan berat jenisya yang bisa anda gunakan untuk mencetak kartu nama anda.

Art Paper/ Art Carton
Jenis kertas ini memiliki berat jenis 260 gsm yang menurut saya cukup ideal untuk kartu nama. Art paper pada salah satu sisinya diberi lapisan sehingga terlihat mengkila. Akibat pelapisan ini, kertas ini juga menjadi sulit ditulisi dengan bulpen. Sehingga si penerima kartu nama hanya bisa menulis pada sebelah sisi yang tidak diberi pelapisan. Penggunaan jenis kertas ini untuk kartu nama menurut saya cukup baik karena terkesan mewah karena permukaannya mengkilap.

Mohawk Option
Jenis kertas ini termasuk kedalam kertas import yang memiliki berat jenis 250 gsm. Kertas ini memiliki tekstur yang halus dengan daya serap tinta yang bagus sehingga ketika ditulisi oleh bulpen tintanya tidak akan menyebar. Hasil cetak yang dilakukan di jenis kertas ini juga akan terlihat sangat baik sehingga kertas ini sering dijadikan sebagai wallpaper rumah. Mohwakp option juga termasuk ke dalam jenis kertas yang dapat dicetak di kedua belah sisinya sehingga anda bisa lebih banyak berkreasi dalam mendesai kartu nama anda.

Linen Jepang
Walaupun ada embel-embel jepang di namanya, kertas yang memiliki berat jenis 250 gsm ini merupakan kertas buatan dalam negeri. Pada tekstur linen jepang terdapat garis-garis horizontal dan vertikal sehingga terlihat cukup menarik. Penggunaan kertas ini cocok untuk kartu nama perusahaan karena akan memberikan kesan profesional di dalamnya.

Linen Holland
Jenis kertas ini mirip seperti linen jepang tetapi teksturnya lebih halus dan lebih putih. Linen holland merupakan kertas impor yang memiliki berat jenis 250 gsm. Kartu nama yang dibuat menggunakan kertas ini akan terlihat sangat eksklusif.

Dari keempat jenis kertas diatas, kertas linen holland merupakan yang terbagus. Akan tetapi biaya yang dikeluarkan untuk membuat kartu nama yang menggunakan kertas ini terbilang cukup mahal. Untuk keperluan personal, kartu nama yang dibuat dengan kertas art paper juga sudah terlihat sangat bagus kok.

Membuat Kartu Nama Dengan Profesional Dalam 5 Menit

Jika anda ingin membuat sebuah kartu nama profesional dengan cepat, anda bisa menggunakan fasilitas yang disediakan oleh website Canva. Di dalam website tersebut tersedia berbagai template kartu nama yang menarik sehingga pembuatan design kartu nama anda dapat dikerjakan dengan cepat.

Untuk membuat sebuah kartu nama, anda dapat menggunakan akun gratis yang disediakan di website ini. Memang fasilitas yang tersedia tidak selengkap akun berbayar, tetapi menurut saya sudah cukup lengkap. Website Canva juga cukup ringan untuk diakses sehingga koneksi standar di Indonesia sudah cukup mampu menjalankan aplikasi online ini.

Hal pertama yang perlu anda lakukan adalah mengunjungi website Canva terlebih dahulu. Kemudian anda membuat akun baru, jika belum memiliki akun di website ini. Setelah berhasil, langkah selanjutnya adalah dengan mencari template kartu nama yang menurut anda sudah sesuai dengan keinginan anda. Untuk mencari template yang berisi kartu nama, pada kolom pencarian tulislah “busiess card”.

Setelah memilih template yang ingin anda gunakan, editlah informasi yang ada disana denga informasi anda. Setelah selesai mengedit informasi yang terdapat di dalamnya maka anda bisa langsung mendownload file design kartu nama yang telah anda buat. Setelah file berhasil di download, anda bisa pergi ke percetakan untuk mencetak kartu nama anda. Oh iya, sebelum mencetak pastikan terlebih dahulu semua data yang terisi di dalamnya sudah benar. Jangan sampai ketika anda selesai mencetak kartu nama tersebut, anda baru sadar bahwa ada informasi yang salah ketik.

Selain mencetak ke percetakan, anda juga bisa sih mencetak file dari Canva ini pada printer yang ada di miliki. Walau begitu, saya sarankan Ukuran Kartu Nama yang kamu buat sebaiknya tetap membawanya ke percetakan karena biasanya hasil cetak yang dihasilkan oleh printer rumahan juga tidak sebaik yang dihasilkan oleh mesin offset yang dimiliki percetakan.